Ketua DPD optimis Pelabuhan Tanjung Carat dongkrak investasi di Sumsel

Ketua DPD optimis Pelabuhan Tanjung Carat dongkrak investasi di Sumsel

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (ANTARA/HO-DPD)

Tentu saja iklim investasi pun akan tumbuh di berbagai sektor seiring dengan aktivitas yang dihadirkan di pelabuhan
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti optimistis pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat akan membantu menghidupkan iklim investasi di Sumatera Selatan (Sumsel).

"Ground breaking Pelabuhan Tanjung Carat, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan, dapat direalisasikan pada akhir tahun 2021. Mudah-mudahan bisa rampung tepat waktu pada 2023, sebagaimana ditargetkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas," ujar LaNyalla dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Ketua DPD itu mendukung pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat dapat dilanjutkan setelah puluhan tahun mangkrak. Sebab, jika dikelola dengan baik Pelabuhan Tanjung Carat bisa menghidupkan perekonomian.

Baca juga: Pelabuhan Tanjung Carat ditargetkan 'ground breaking' akhir 2021

"Pembangunan pelabuhan diproyeksikan akan mampu menghidupkan ekonomi yang lebih besar lagi, khususnya untuk kawasan Sumatera Selatan. Dengan adanya pelabuhan, distribusi barang dan jasa akan meningkat. Dengan demikian akan tumbuh aktivitas ekonomi. Dari sinilah akan terjadi peningkatan," papar LaNyalla.

Tidak itu saja, Senator asal Jawa Timut itu juga optimis keberadaan pelabuhan ini akan menaikkan iklim investasi.

"Tentu saja iklim investasi pun akan tumbuh di berbagai sektor seiring dengan aktivitas yang dihadirkan di pelabuhan. Begitu pula sektor perhubungan. Inilah dampak positif yang sama-sama kita harapkan dari pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat," ujarnya.

Baca juga: INSA berharap Pelabuhan Tanjung Carat di Sumsel segera direalisasikan

LaNyalla pun mendorong pemerintah pusat untuk segera merealisasikan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat.

"Pelabuhan ini adalah obyek ini sangat vital keberadaannya. Objek yang penting untuk meningkatkan perekonomian, sehingga realisasi pembangunan harus dilakukan," kata Ketua DPD RI itu.

Lewat Pelabuhan Tanjung Carat, mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu juga yakin banyak investor yang akan hadir di Sumatera Selatan.

Baca juga: Pelindo targetkan kajian pelabuhan di Tajung Carat tuntas 2019

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sambut Ramadhan, Ketua DPD La Nyalla berikan bantuan sosial

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar