Liga Belanda

Ajax kukuhkan posisi puncak seusai menang di kandang Heracles

Ajax kukuhkan posisi puncak seusai menang di kandang Heracles

Pemain Ajax Davy Klaassen saat akan melepaskan sepakan untuk menjebol gawang Heracles Almelo kala keduanya bertemu dalam laga pekan ke-22 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Erve Asito, Sabtu (13/2/2021). ANTARA/Pro Shots/Sipa USA via Reuters.

Jakarta (ANTARA) - Ajax mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen sementara Liga Belanda setelah menang 2-0 di markas Heracles Almelo dalam laga pekan ke-22 Liga Belanda di Stadion Erve Asito, Heracles, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Kemenangan yang disokong gol-gol Davy Klaassen dan Sebastien Haller itu membuat Ajax kini mengumpulkan 53 poin di puncak klasemen atau unggul enam angka dari rival terdekatnya PSV Eindhoven.

Di samping itu, Ajax juga masih memiliki tabungan satu pertandingan setelah dalam pekan kemarin urung digelar karena adanya peringatan badai yang menerjang wilayah Belanda.

Sementara bagi Heracles Almelo, kekalahan ini menghentikan tren positif di empat laga tanpa kekalahan. Mereka tertahan di posisi 11 dengan koleksi 28 poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Baca juga: Gol Michiel Kramer pupus kemenangan PSV yang tinggal di depan mata

Kedua tim bermain terbuka sejak sepak mula. Heracles mendapat peluang pertama lewat Teun Bijleveld, tetapi bola hasil sepakannya menyamping tipis di sisi kiri gawang Maarten Stekelenburg.

Sebaliknya Ajax yang baru menciptakan peluang pertamanya pada menit ke-14, sukses dikonversi menjadi gol lewat sepakan Davy Klaassen. Menerima umpan Sebastien Haller, Klaassen yang mendapat bola menyelesaikannya lewat sepakan keras ke pojok kanan gawang.

Memasuki menit ke-23, Klaassen hampir saja mencetak gol keduanya dalam pertandingan kali ini jika saja sepakan spekulasi menerima umpan silang Ryan Gravenberch tidak tertepis kiper Heracles, Janis Blaswich.

Selepas peluang itu, Heracles mencoba membongkar lini pertahanan Ajax, namun bola kerap terblok bek lawan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Sejumlah laga Liga Belanda ditunda akibat peringatan badai

Pada babak kedua, Heracles kembali mengancam gawang Ajax. kali ini giliran Rai Vloet yang mencoa peruntungan, sayang sepakannya di sudut sempit masih bisa diselamatkan Stekelenburg.

Gol kedua Ajax lahir pada menit ke-79 saat Sebastien Haller menyelesaikan umpan sundulan Klaassen tepat di depan mulut gawang Heracles. Kedudukan 2-0 untuk kemenangan Ajax tetap bertahan hingga akhir.

Setelah pertandingan ini, Ajax akan menjalani babak 32 besar leg pertama Liga Europa melawan wakil asal Prancis Lille pada Kamis (18/2/2021). Tim besutan Erik Ten Hag itu kemudian hanya memiliki tiga hari sebelum menjalani laga melawan Sparta di pertandingan lanjutan Liga Belanda.

Baca juga: FC Utrecht resmi perkenalkan Bagus Kahfi
Baca juga: Kiper Ajax Andre Onana diskorsing 12 bulan karena doping
Baca juga: Melvin Platje dipinjamkan ke klub Liga 2 Belanda

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar