Jakarta (ANTARA) - Film panjang dari serial anime populer, "Violet Evergarden Movie" berhasil meraih piala untuk kategori Anime of the Year dari Tokyo Anime Award Festival 2021 (TAAF 2021), Jumat (12/2) lalu di Jepang.

Juri memilih pemenang dari kumpulan 457 anime yang diputar, ditayangkan, atau didistribusikan di Jepang antara 1 Oktober 2019 dan 30 September 2020, dengan 100 judul (80 anime televisi dan 20 anime teatrikal) yang akhirnya akan ditayangkan untuk penghargaan anime tahun Ini.

Dalam kategori anime terbaik untuk serial televisi, "Eizouken ni wa Te wo Dasu na!" adalah serial yang berhasil meraih titel tersebut. Sementara film "IDOLiSH7: Second Beat!" memenangi Anime Fan Award atau anime yang menerima suara terbanyak dalam voting umum.

Untuk penghargaan individu atau individual awards, berikut daftar pemenangnya:
Kategori Penulis: Reiko Yoshida ("Violet Evergarden Movie")
Kategori Sutradara: Haruo Sotozaki ("Kimetsu no Yaiba")
Kategori Animator: Akira Matsushima ("Kimetsu no Yaiba")
Kategori Artis Visual: Mikiko Watanabe ("Violet Evergarden Movie")
Kategori Artis / Artis Suara: Yuki Kajiura ("Sword Art Online: Alicization - War of the Underworld")

Art director Kyoto Animation Mikiko Watanabe sebelumnya telah memenangkan penghargaan untuk tahun kedua berturut-turut secara anumerta, setelah meninggal dunia dalam serangan pembakaran di Kyoto Animation pada Juli 2019.

Sementara, Akira Matsushima dan Yuki Kajiura telah memenangkan penghargaan dua tahun berturut-turut untuk karya serupa.

Festival ini nantinya juga diadakan pada 12-15 Maret di Ikebukuro, Tokyo, dan akan menampilkan entri tambahan dari seluruh dunia dalam kategori Kompetisi Animasi Fitur dan Kompetisi Animasi Pendek.

Sebanyak 22 kiriman dari 20 negara dan wilayah dan 817 kiriman dari 57 negara dan wilayah masing-masing dikirimkan ke kompetisi ini. Sebanyak 39 dari entri ini (empat untuk Animasi Fitur dan 35 untuk Animasi Pendek) dipilih oleh Panitia Seleksi Awal TAAF 2021.

Grand Prize dan Award of Excellence akan diberikan kepada dua film di setiap kategori, dan penghargaan tambahan akan diumumkan di kemudian hari.


Baca juga: Lima film animasi menarik untuk isi libur panjang akhir pekan ini

Baca juga: Kreator "Demon Slayer" sebut ingin buat komik komedi dan sci-fi

Baca juga: Game "Free Fire" berkolaborasi dengan anime "Attack on Titan"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021