Jakarta (ANTARA) - Anda perlu memperhatikan kebersihan area bokong yakni dengan membersihkannya secara benar agar tak terkena infeksi saluran kemih atau memperburuk masalah rektal yang ada, seperti wasir atau kondisi lainnya.

Pakar ginekologi di Westchester County, New York, Alyssa Dweck mengatakan, usai buang air besar atau kecil sebaiknya bersihkan bokong dari arah uretra (saluran tempat mengalirnya urine dari kandung kemih sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh) ke anus (depan ke belakang).

Baca juga: Kim Kardashian ingin kecilkan bokong

Baca juga: Jangan lama-lama BAB di WC duduk kalau tak mau kena wasir

"Ada jauh lebih banyak bakteri di area rektal; itulah alasan sebaiknya jangan mengarahkan tisu toilet ke arah uretra Anda. Membawa bakteri ke area depan dapat berkontribusi pada infeksi saluran kemih," kata dia seperti dilansir dari Health, Minggu.

Apabila Anda menggunakan tisu atau kertas toilet, pilihlah yang tidak berwarna dan diberi pewangi.

Anda yang memiliki wasir usahakanlah bisa buang air besar sebelum mandi. Ahli gastroenterologi di NorthShore University HealthSystem, Glenview, Illinois, Monica S. Borkar mengatakan, wasir sering menyebabkan nyeri, gatal, atau perdarahan, jadi mandi dengan air hangat setelah buang air pilihan yang baik.

Setelahnya, keringkan area bokong secara lembut menggunakan handuk lembut.

Masalah di area anus lain yang bisa membuat menyeka bokong lebih sulit, yakni fisura ani atau robekan kecil di lapisan anus, yang biasanya disebabkan feses keras akibat sembelit.

Seperti wasir, gejala fisura anui juga termasuk gatal, pendarahan, dan nyeri. Anda direkomendasikan menggunakan obat atau lap khusus setelah buang air besar.

Sebaiknya hindari menggunakan tisur saat Anda terkena wasir atau fisura ani kecuali disarankan dokter Anda.

"Saya melihat begitu banyak orang yang mengalami iritasi dan ruam di sekitar vulva dan area perianal karena menggunakan tisu. Area ini sangat sensitif terhadap bahan-bahan seperti wewangian dalam produk beraroma. Apabila Anda menggunakan tisu untuk alasan medis, pilih produk tanpa pewangi yang dibuat untuk kulit sensitif, tutur Borkar.

Baca juga: Bokong tepos tapi perut buncit? Ini penjelasan Ade Rai

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021