Teten Masduki apresiasi aplikasi INFINA bantu UMKM "go online"

Teten Masduki apresiasi aplikasi INFINA bantu UMKM "go online"

Aplikasi INFINA. ANTARA/HO-INFINA

Dengan hadirnya INFINA, maka lapangan kerja bisa tercipta, apalagi sejak ada pandemi COVID-19 pengangguran Indonesia mencapai 3,7 juta jiwa
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi platform digital INFINA yang membantu UMKM go online dan menjangkau pasar digital lebih luas.

"Setidaknya ada 400.000 lulusan S1 per tahunnya di Indonesia yang sulit mencari pekerjaan, dengan hadirnya INFINA, maka lapangan kerja bisa tercipta, apalagi sejak ada pandemi COVID-19 pengangguran Indonesia mencapai 3,7 juta jiwa,” kata Teten di Jakarta, Minggu.

Aplikasi INFINA merupakan platform digital yang menghubungkan banyak UMKM dan influencer untuk memperluas pasarnya secara digital.

Baca juga: Teten: Adaptasi jadi kunci keberhasilan UMKM bangkit dari pandemi

Aplikasi ini juga memudahkan penggunanya dalam memantau apa saja iklan yang ditawarkan dan melihat semua kegiatan atau kampanye yang sedang berjalan.

Diharapkan aplikasi ini nantinya akan semakin banyak mengakomodasi kebutuhan para influencer dan UKM untuk berkembang lebih baik lagi dan bisa diakses kapan saja dengan mudah tanpa harus membuka laptop atau PC.

Seperti websitenya, INFINA versi Android juga memuat beberapa channel penting dari
INFINA di halaman mukanya, seperti pendaftaran untuk UKM, influencer, hingga services dan advertise. Selain itu, beberapa banner juga dimunculkan di user interface(UI).

Sebagai salah satu platform baru di Indonesia yang khusus menghubungkan UMKM bahkan usaha nano atau micro-influencer melalui jejaring media sosial seperti aplikasi Twitter, Instagram, dan Tik Tok.

Startup yang dirintis dan resmi berdiri sejak 17 Agustus 2020 itu pada awal 2021, sudah diikuti oleh sekitar 900-an pelaku UMKM di seluruh Indonesia, mulai dari pesisir utara Sumatera hingga timur Indonesia.

Selain itu, tercatat juga setidaknya ada 8.000-an influencer jenis nano dan mikro yang sudah bergabung.

CEO & Founder INFINA Oktora Irahadi berharap platform digital ini bisa menjadi solusi bagi UMKM di tengah pandemi.

"Di negara dengan penduduk lebih dari 273 juta jiwa, dengan iklim investasi yang terdampak pandemi, sebagai lulusan bidang digital marketing saya ingin bisa berkontribusi memberi support kepada UKM di Indonesia dengan cara menghubungkan para influencer yang membutuhkan pemasukan, dari situ lahirlah INFINA,” ujar pria yang akrab dipanggil Tora ini.

Maka pada bulan ke-6 perjalanannya, INFINA secara resmi meluncurkan aplikasinya yang dapat diunduh melalui Playstore di smartphone Android.

Chief Technology Officer (CTO) INFINA Richky Jalendra mengatakan aplikasi di ponsel pintar akan mempermudah pelaku UMKM untuk memanfaatkan INFINA.

"Kami mengembangkan aplikasi INFINA agar dapat menjangkau lebih banyak UKM dan juga influencer. Dan kini INFINA bisa tampil lebih ringkas, mudah diakses, dengan pengembangan fitur yang sangat membantu para UKM dan juga influencer yang tidak punya laptop atau kesulitan membuka di web browser smartphone," kata Richky.

Baca juga: Teten tegaskan pentingnya Program PEN untuk pemulihan UMKM
Baca juga: UMKM harus melek digital untuk bertahan di era pandemi

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Demi Swasembada, Menkop-UKM dukung gula cair di Klaten

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar