PETJ ajak elemen bangsa bersinergi majukan Indonesia di tengah pandemi

PETJ ajak elemen bangsa bersinergi majukan Indonesia di tengah pandemi

Tangkapan layar Ketua Umum Perhimpunan Eropa untuk Indonesia Maju (PETJ) Ari Manik pada acara Semarak Setahun Perhimpunan secara daring, Minggu (14-2-2021). (ANTARA/Syaiful Hakim)

Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Eropa untuk Indonesia Maju (PETJ) mengajak komponen bangsa untuk bersinergi untuk memajukan bangsa Indonesia di tengah pandemi COVID-19.

"Bersinergi Kala Pandemi. Inilah tema.yang kita angkat sebagai bentuk aksi, kontribusi di kala pandemi Covid-19. Perjalanan setahun PETJ telah mengajarkan kepada kita semua akan makna penting sinergi atau pun kolaborasi di antara kita dalam turut serta membangun negeri," kata Ketua Umum PETJ Ari Manik dalam sambutannya pada acara Semarak Setahun Perhimpunan secara daring, Minggu.

Menurut dia, anggota dan simpatisan PETJ yang tersebar di negara Eropa harus tetap bisa berkontribusi penuh bagi bangsa dan negara dengan berbagai cara dan semampunya.

Baca juga: HPN 2021: Media dan semangat nasionalisme di tengah pandemi

"Tanpa adanya sinergi dan kontribusi yang apik antara kita sebagai sesama anak bangsa, tentu mustahil untuk dapat terlibat aktif menyumbangkan pikiran, tenaga, waktu dan dana bagi saudara kita di Tanah Air," kata Ari dalam acara yang dihadiri lima DPW PETJ di negara Eropa dan perwakilan Kedubes RI di Belanda, Hongaria dan.lainnya.

PETJ sebagai wadah bersama bagi anak bangsa, lanjut dia, memiliki cita-cita luhur untuk memajukan Indonesia dengan beragam cara. Terlebih, saat ini dunia global sudah memasuki revolusi industri 4.0 atau bahkan 5.0 dengan mantra utama inovasi dan kolaborasi.

"Di era digital yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi dengan inovasi luar biasa, dengan adanya internet of things, big data rekayasa genetika, robot dan lainnya. Ini semua memerlukan kolaborasi kita semua untuk memaksimalkan untuk kepentingan Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Perempuan dan kebangkitan ekonomi di tengah pandemi

Hal itu tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga, tidak sekedar menjadi penonton, namun sebagai aktor yang terlibat aktif di dalamnya.

Dia menambahkan pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak terhadap Indonesia saja, melainkan dunia global.

"Seluruh sektor kehidupan dan kita semua terdampak virus Corona ini, sehingga kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, dengan situasi dan kondisi apa pun terutama untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan massa dan selalu menjaga kesehatan dengan cara minum vitamin dan olahraga," jelas Ari.

Baca juga: Keberpihakan politik dalam mitigasi banjir di tengah pandemi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BPDPKS dan Kominfo bersinergi lawan kampanye hitam diskriminasi sawit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar