Jakarta (ANTARA) - Bahu memiliki rentang gerak yang lebar dan serba guna, namun jika ada yang tidak beres pada organ itu maka menghambat kemampuan Anda untuk bergerak dan dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang luar biasa.

Tidak sedikit orang yang mengalami masalah ini, karena faktanya, menurut laporan Harvard Medical Shcool, lebih dari 70 persen orang akan mengalami efek nyeri bahu.

Mengutip jurnal di Healthline, Senin, bahu adalah sendi bola-dan-soket yang memiliki tiga tulang utama: humerus (tulang lengan panjang), klavikula (tulang selangka), dan skapula (juga dikenal sebagai tulang belikat).

Baca juga: Peregangan ringan bantu tangkal nyeri sendi

Baca juga: Lakukan ini kala nyeri sendi muncul

Tulang-tulang ini dilindungi oleh lapisan tulang rawan. Ada dua sendi utama, yakni sendi akromioklavikularis berada di antara bagian tertinggi skapula dan klavikula. Kemudian sendi glenohumeral terdiri dari bagian atas tulang humerus yang berbentuk bola dan tepi luar skapula.

Sendi bahu adalah sendi yang paling bergerak di tubuh, menggerakkan bahu ke depan dan ke belakang. Ini juga memungkinkan lengan untuk bergerak dalam gerakan melingkar dan bergerak ke atas dan menjauh dari tubuh.

Pundak mendapatkan rentang geraknya dari rotator cuff, terdiri dari empat tendon (jaringan yang menghubungkan otot ke tulang). Mungkin menyakitkan atau sulit untuk mengangkat lengan ke atas kepala jika tendon atau tulang di sekitar rotator cuff rusak atau bengkak.

Anda dapat mencederai bahu Anda ketika menjalani persalinan normal, berolahraga, atau bahkan dengan gerakan berulang. Penyakit tertentu dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke bahu. Ini termasuk penyakit pada tulang belakang leher (leher), serta penyakit hati, jantung, atau kandung empedu.

Anda cenderung mengalami masalah dengan bahu seiring bertambahnya usia, terutama setelah usia 60 tahun. Ini karena jaringan lunak yang mengelilingi bahu cenderung berkurang seiring bertambahnya usia.

Dalam banyak kasus, Anda dapat mengobati nyeri bahu di rumah. Namun, terapi fisik, pengobatan, atau pembedahan juga mungkin diperlukan.

Baca juga: Nyeri sendi bisa dikurangi dengan ini

Baca juga: Kiat cegah radang sendi lutut saat berdiri

Apa penyebab nyeri bahu?

Beberapa faktor dan kondisi dapat menyebabkan nyeri bahu. Penyebab paling umum adalah rotator cuff tendinitis. Ini adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan tendon. Penyebab umum nyeri bahu lainnya adalah sindrom pelampiasan di mana rotator cuff terjepit di antara acromium (bagian dari skapula yang menutupi bola) dan kepala humerus (bagian bola humerus).

Terkadang nyeri bahu adalah akibat cedera pada lokasi lain di tubuh Anda, biasanya leher atau bisep. Ini dikenal sebagai nyeri yang dirujuk. Nyeri yang dirujuk umumnya tidak bertambah buruk saat Anda menggerakkan bahu.

Penyebab nyeri bahu lainnya di antaranya radang sendi, tulang rawan robek, manset rotator robek, kantung bursa atau tendon bengkak, taji tulang (proyeksi tulang yang berkembang di sepanjang tepi tulang), saraf terjepit di leher atau bahu, patah tulang bahu atau lengan bahu beku, dislokasi bahu, cedera karena penggunaan yang berlebihan atau berulang, cedera saraf tulang belakang, dan serangan jantung.

Jika Anda memeriksakan keluhan ini ke tenaga medis, dokter akan meminta riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Tes pencitraan, seperti sinar-X atau MRI, dapat menghasilkan gambar bahu Anda yang mendetail untuk membantu diagnosis.

Dokter mungkin juga mengajukan pertanyaan untuk menentukan penyebabnya. Pertanyaan yang muncul seperti; Apakah nyeri di satu bahu atau keduanya? Apakah nyeri ini mulai tiba-tiba? Jika ya, apa yang kamu lakukan? Apakah nyeri berpindah ke area lain di tubuh Anda? Apakah area yang nyeri menjadi merah, panas, atau bengkak?, dan lain sebagainya.

Anda harus menghubungi dokter jika Anda mengalami demam, ketidakmampuan untuk menggerakkan bahu, memar yang berkepanjangan, panas dan nyeri di sekitar sendi, atau nyeri yang terus berlanjut setelah beberapa minggu perawatan di rumah.

Jika nyeri bahu Anda tiba-tiba dan tidak terkait dengan cedera, segera rumah sakit karena ini mungkin tanda serangan jantung. Tanda-tanda serangan jantung lainnya termasuk: kesulitan bernapas, sesak dada, pusing, keringat berlebih, nyeri di leher atau rahang juga.

Pilihan pengobatan nyeri bahu

Perawatan akan tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan nyeri bahu. Beberapa pilihan pengobatan termasuk terapi fisik atau okupasi, mengenakan pengikat selempang atau bahu, atau operasi.

Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat-obatan seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau kortikosteroid. Kortikosteroid adalah obat anti inflamasi yang kuat yang bisa diminum atau dokter Anda bisa menyuntikkan ke bahu Anda.

Beberapa nyeri bahu ringan bisa dirawat di rumah. Mengompres bahu selama 15 hingga 20 menit tiga atau empat kali sehari selama beberapa hari dapat membantu mengurangi rasa sakit. Gunakan kantong es atau bungkus es dengan handuk karena menempelkan es langsung ke kulit dapat menyebabkan radang dingin atau iritasi.

Mengistirahatkan bahu selama beberapa hari sebelum kembali ke aktivitas normal dan menghindari gerakan apa pun yang mungkin menyebabkan nyeri dapat membantu. Batasi pekerjaan atau aktivitas berlebihan.

Perawatan rumah lainnya termasuk menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid yang dijual bebas untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan dan mengompres area tersebut dengan perban elastis untuk mengurangi pembengkakan.

Untuk menghindari nyeri bahu karena cedera atau aktivitas, Anda bisa melakukan latihan sederhana di rumah dengan peregangan otot dan tendon manset rotator. Seorang ahli terapi fisik atau terapis okupasi dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya dengan benar.

Jika Anda pernah mengalami masalah bahu sebelumnya, gunakan es untuk mengompres selama 15 menit setelah berolahraga untuk mencegah cedera di kemudian hari.

Setelah mengalami bursitis atau tendinitis, melakukan latihan rentang gerak sederhana setiap hari dapat mencegah bahu Anda membeku.

Baca juga: Atasi mual hingga nyeri sendi, bumil bisa konsumsi bahan herbal

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021