Meningkatnya rasio elektrifikasi ini seiring dengan semakin banyak desa-desa yang mulai teraliri listrik PLN
Kupang (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur mencatat rasio elektrifikasi di NTT meningkat dari sebelumnya pada April 2020 sebesar 86,36 persen menjadi 87,31 persen per Desember 2020.

"Meningkatnya rasio elektrifikasi ini seiring dengan semakin banyak desa-desa yang mulai teraliri listrik PLN," kata General Manager PT PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko dalam keterangan yang diterima di Kupang, NTT, Senin.

Pembangunan listrik ke desa-desa yang terus berjalan berdampak pada meningkatnya rasio elektrifikasi listrik di NTT secara bertahap, lanjutnya.

Agustinus mencontohkan sebanyak 39 desa teraliri listrik PLN dari Desember 2020 hingga Februari 2021.

Ia mengakui pembangunan listrik desa di wilayah NTT tidak mudah karena menghadapi tantangan berupa medan geografis yang sulit di desa-desa wilayah pelosok atau terpencil.

Banyak desa yang sulit terjangkau dengan kendaraan, sehingga mobilisasi material dilakukan dengan tenaga manusia, katanya.

"Karena itu, kita bersyukur dengan kondisi yang menantang ini, tetapi dengan kerja keras PLN terus dilakukan di lapangan sehingga desa-desa bisa terlistriki secara bertahap," katanya.

Agustinus juga memastikan pembangunan listrik desa di NTT akan terus dikerjakan dengan tetap mengedepankan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja di tengah situasi pandemi COVID-19.

Ia menargetkan rasio elektrifikasi di NTT mencapai 100 persen hingga akhir 2021.

Ia berharap dengan progres pembangunan listrik desa yang terus bertambah di lapangan dapat bermanfaat dalam mendorong laju pertumbuhan berbagai sektor pembangunan desa seperti ekonomi dan pendidikan.

Baca juga: PLN hadirkan layanan listrik 24 jam di perbatasan NTT-Timor Leste
Baca juga: PLN tuntaskan uji coba pemanfaatan EBT pengganti batu bara PLTU di NTT

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021