Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah petugas kepolisian Kamis dini hari melakukan "sterilisasi" kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, dari sejumlah pedagang dan kendaraan bermotor yang diparkir di bahu jalan, sesaat setelah detik-detik pergantian tahun 2008 ke 2009.

Berdasar pantauan ANTARA, puluhan aparat kepolisian secara santun meminta para pengendara sepeda motor untuk tidak memarkir kendaraan mereka di tepi jalan. Petugas juga meminta sejumlah pedagang untuk tidak menjajakan barang dagangan di bahu jalan.

Penertiban tersebut berjalan lancar. Para pengendara sepeda motor dan pedagang meninggalkan kawasan Bundaran HI dengan tertib.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Ike Edwin yang ditemui di kawasan Bundaran HI mengatakan, penertiban bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas, baik menuju maupun meninggalkan kawasan HI.

"Secara umum, penertiban lalu lintas berjalan lancar," kata Edwin.

Edwin menjelakan, pihaknya memusatkan perhatian pada pengaturan arus lalu lintas di ruas Jalan MH. Thamrin yang berasal dari arah Monumen Nasional (Monas). Hal itu disebabkan sebagian besar masyarakat langsung meninggalkan kawasan Monas sesaat setelah detik-detik pergantian tahun.

Pihak kepolisian memberlakukan pola buka tutup arus lalu lintas di sepanjang Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan MH Thamrin yang menuju ke arah monas selama malam pergantian tahun.

Edwin mengatakan, Polres Jakarta Pusat menyiapkan 1.200 personil personil keamanan di 18 titik keramaian di seputar Jakarta Pusat. Ike Edwin menjelaskan, satu titik rawan dijaga oleh sedikitnya 60 personil. (*)

Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2009