Saya membeli mobil tersebut untuk memberi contoh agar masyarakat Jember agar lebih cinta pada produk dalam negeri dan mobil itu dibeli dengan uang saya pribadi
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto membeli mobil Maung Pindad dengan menggunakan uang pribadinya guna mendukung industri mobil nasional (mobnas) sebelum dilantik menjadi orang nomor satu di Kabupaten tersebut.

PT Pindad (Persero) mengirim satu unit mobil Maung dengan warna hitam sesuai pesanan ke Kantor Hendy Siswanto Center di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin.

"Saya membeli mobil tersebut untuk memberi contoh agar masyarakat Jember agar lebih cinta pada produk dalam negeri dan mobil itu dibeli dengan uang saya pribadi," kata Hendy saat dihubungi di Jember.

Menurutnya, harga mobil tersebut relatif murah yakni sekitar Rp600 jutaan per unit.

Baca juga: Ridwan Kamil coba mobil kancil di Bekasi

Hendy mengemukakan alasan lainnya membeli mobil Maung Pindad. Ia menceritakan ketika kampanye beberapa waktu lalu pernah kesulitan melintasi jalan yang rusak di beberapa pelosok di Jember dengan menggunakan mobil sport.

"Untuk itu, saya membeli mobil Maung Pindad untuk mobil operasional karena dapat menembus daerah yang sulit diakses oleh kendaraan biasa, dimana kondisi geografis Jember berupa pegunungan dan bukit-bukit," katanya.

Ia mengaku siap mempromosikan mobil Maung Pindad tersebut agar laku di pasaran dan mengajak masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri dengan membeli mobil nasional karya anak negeri.

Sementara Inspektur Mutu PT Pindad Suriyadi mengatakan Hendy Siswanto merupakan bupati pertama di Indonesia yang membeli mobil Maung Pindad.

Baca juga: PKS usulkan tiga langkah kembangkan industri mobil nasional

"Maung Pindad yang dibeli oleh Haji Hendy dipesan dengan warna khusus yakni hitam, kemudian diantar langsung dari pabrik sebelum dirombak secara khusus," tuturnya kepada media.

Ia berharap hal itu bisa memotivasi pejabat dari daerah lain untuk mendorong berkembangnya industri mobil nasional.

Mobil Maung Pindad baru tahun ini diluncurkan dan telah mendapat pesanan dari Kementerian Pertahanan untuk kendaraan taktis militer.

Selain untuk kendaraan militer, PT Pindad juga akan merilis Maung Pindad untuk warga sipil.  Bahkan, kata dia, ada beberapa artis ibukota yang sudah memesan mobil yang bisa dipesan dengan warna tertentu.

Baca juga: Prestasi Habibie - Habibie dan cita-cita mobil nasional "Maleo"

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021