Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI) berbagi 2021 tanaman dengan daya serap polutan tinggi untuk gerakan "Bagi, Tanam, Rawat" serta merayakan Hari Sejuta Pohon pada 10 Februari.

Sarana Haya membagikan ribuan tanaman itu kepada berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pemerintah Daerah DKI Jakarta, BUMD DKI Jakarta, penghuni Proyek Nuansa Pondok Kelapa Hunian DP 0 Rupiah, hingga komunitas lingkungan di Jakarta.

“Kami sebagai BUMD DKI Jakarta terus berkomitmen tehadap keberlanjutan lingkungan dimana kami terus menaruh kepedulian pada keselamatan lingkungann sesuai dengan SDG poin ke-11, yaitu kota dan komunitas yang berkelanjutan, untuk menciptakan ruang tinggal yang lebih berkualitas bagi warga Jakarta, dimulai dari proyek-proyek kami berada," kata Direktur Utama Sarana Jaya Yoory C. Pinontoan dalam keterangannya, Selasa.

Baca juga: 1.000 bibit pohon ditanam di Jalan Raya Bekasi

Baca juga: Polres Bangka Barat tanam bibit jambu mete hijaukan pesisir Mentok


Tanaman yang dibagikan kepada publik adalah tanaman dalam ruang dengan daya serap polutan tinggi, seperti Lidah mertua (Sansevieria), Sri Rejeki (aglaonema) dan Lili perdamaian (Spathiphyllum wallisii).

Sebanyak 171 paket diberikan untuk sarana dan prasarana pemerintah daerah DKI Jakarta, 450 paket untuk penghuni proyek Proyek Nuansa Pondok Kelapa Hunian DP 0 Rupiah untuk diletakkan di dalam ruangan. Tanaman juga diberikan kepada komunitas lingkungan di Jakarta seperti Lindungi Hutan, Sustainable Indonesia, Jakarta Berkebun, Kebun Pahlawan, Indonesia Indah Foundation, Rumah Bumi, Komunitas Gerakan Pancoran Menanam dan Kelompok Tani Melati dengan total 1.400 paket tanaman untuk disebarkan atau ditanamkan di sekitar lokasi operasi komunitas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi Sarana Jaya atas gerakan ini.

“Saya berterima kasih kepada Perumda Sarana Jaya yang terus bergerak bersama mewujudkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen pada 2030 yang sudah tercapai 26 persen pada tahun ini,” kata Anies Baswedan ​​​​​​.

Anies berharap, gerakan ini membangun kesadaran seluruh dalam merawat dan melestarikan lingkungan DKI Jakarta. “Saya berharap kegiatan ini ke depannya dapat diikuti oleh seluruh warga DKI Jakarta agar jangkauan meluas di seluruh kawasan.”

Perumda Sarana Jaya mengajak masyarakat dan komunitas yang telah berpartisipasi dalam program ini untuk terus merawat tanaman yang telah diberikan.

“Gerakan ini tidak akan dapat berhasil dan berkelanjutan apabila tidak didukung oleh masyarakat. Kami berharap tanaman yang telah kami bagikan dapat dirawat untuk mempercantik ruang tinggal Anda, serta bersama menjaga merawat lingkungan dan alam sekitar kita,” tutup Yoory.

Baca juga: 6.600 bibit pohon ditanam di sekitar jalan tol Trans Sumatera

Baca juga: Sejuta bibit pohon ditanam di Lubuak Galapuang, Padang

Baca juga: Indonesia-AstraZeneca tanam 20 juta pohon dukung lingkungan sehat

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021