pertama di Jalan Ciledug Raya dekat Seskoal-ITC
Jakarta (ANTARA) - Sedikitnya ada dua titik genangan air dengan ketinggian 10 hingga 20 sentimeter (cm) di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, akibat hujan sejak dini hari hingga Selasa pagi dan luapan Kali Pesanggrahan.

"Ada dua titik genangan, pertama di Jalan Ciledug Raya dekat Seskoal-ITC dan yang kedua di 'underpass' (jalan lintas bawah) Gandaria City (Gancit)," kata Wakil Camat Kebayoran Lama, Sidiq Rawanta.

Genangan air itu sempat menutup permukaan jalan sehingga menghambat laju kendaraan yang melintas di dua lokasi tersebut.

Sidiq mengatakan genangan di Jalan Ciledug Raya karena meluapnya Sungai Pesanggrahan ke saluran penghubung (PHB) Lemigas yang berimbas ke Jalan Raya Ciledug.

"Penangan dilakukan jajaran Sudin Sumber Daya Air dan petugas PPSU (penanganan prasarana dan sarana umum) membersihkan saluran-saluran yang mampet dan saat ini sudah nihil genangan," kata Sidiq.

Baca juga: Ratusan warga Jakarta Timur terkena dampak genangan air hujan

Genangan muncul pukul 07.00 WIB, setelah ada penanganan, pukul 09.30 WIB, genangan di Jalan Ciledug Raya sudah kering.

Sementara itu, genangan di jalan lintas bawah Gancit terjadi akibat curah hujan yang turun sejak Senin malam, walau tidak terlalu deras tapi cukup lama.

Genangan mulai terjadi pukul 06.30 WIB setinggi 20 cm dan pukul 07.30 WIB sudah teratasi.

"Upaya yang dilakukan dengan pompa dari malam sudah diaktifkan sehingga sisa genangan hanya sekitar 10 cm dan saat ini sudah nihil," ujar Sidiq.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa, memprakirakan sejumlah wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan disertai petir dan angin kencang pada malam dan dini hari.

Baca juga: Jalan di lingkungan Bea Cukai Jaktim terendam air hujan

Dikutip dari laman resmi BMKG, pada pagi hari wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diprediksi hujan ringan. Sementara Jakarta Selatan diperkirakan berawan.

Hujan berintensitas ringan akan berlanjut di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan pada siang hari. Sementara Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diprediksi berawan.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021