Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund akan memulai babak 16 besar Liga Champions, Rabu dengan pertandingan leg pertama di Sevilla dan striker Erling Braut Haaland mengingatkan rekan satu timnya segera melupakan keterpurukan Dortmund di Bundesliga atau berisiko menelan kekalahan besar di Spanyol.

"Kami hanya harus berpegang pada rencana pertandingan dan mencoba tampil sebaik-baiknya," kata Haaland kepada Sky Sports.

"Sevilla adalah tim yang kuat. Kami harus secepatnya menemukan performa kami lagi dan melakukan yang terbaik di lapangan demi menciptakan peluang."

"Jika kami bermain seperti yang kami lakukan dalam beberapa pertandingan terakhir, jelas kami tidak memiliki peluang itu," ujar Haaland seraya menggambarkan bahwa Dortmund hanya memenangkan tiga dari delapan pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Baca juga: Gol Haaland hindarkan Dortmund dari kekalahan saat menjamu Hoffenheim
Baca juga: Profil tim-tim 16 besar Liga Champions

Striker asal Norwegia itu mencetak enam gol dalam empat pertandingan grup pertama Dortmund sebelum absen di dua pertandingan terakhir Eropa karena cedera.

Keberuntungan Dortmund merosot tajam sejak gol Axel Witsel memastikan kemenangan 2-1 di Zenit St Petersburg Desember lalu yang mengukuhkan tim Jerman itu sebagai juara grup Liga Champions.

Kegembiraan mencapai babak 16 besar menjadi hambar empat hari kemudian ketika kelemahan lini pertahanan Dortmund secara vulgar terpapar saat mereka dipermalukan Stuttgart 5-1 di kandang.

Selanjutnya Lucien Favre dipecat sebagai pelatih kepala pada hari berikutnya.

Baca juga: Youssoufa Moukoko pecahkan rekor pemain termuda di Liga Champions
Baca juga: Bayern Munchen resmi dapatkan Dayot Upamecano


Asistennya, Edin Terzic yang berusia 38 tahun dipromosikan menjadi pelatih sementara hingga akhir musim, tetapi hasilnya belum membaik hingga akhir-akhir ini.

Pada Senin, diumumkan bahwa pelatih Borussia Moenchengladbach, Marco Rose, yang diincar klub itu akan memulai bertugas di Dortmund musim depan.

Pelatih berusia 44 tahun itu mengemban tugas berat membangun kembali Dortmund sebagai kekuatan kedua di sepak bola Jerman setelah Bayern Munich.

Dortmund hanya mampu mengumpulkan 14 poin liga dari kemungkinan 30 poin sejak Terzic menggantikan Favre.

Butuh gol larut Haaland, yang ke-23 dari banyak pertandingan musim ini, untuk mencegah kekalahan mereka saat memetik hasil imbang 2-2 dari tim papan tengah klasemen Hoffenheim Sabtu lalu.

Hasil tersebut membuat Dortmund berada di urutan keenam klasemen Bundesliga dan mereka sekarang tertinggal 16 poin dari pemuncak klasemen Bayern Munich, demikian AFP.

Baca juga: Marco Rose tinggalkan Gladbach untuk latih Dortmund musim depan
Baca juga: PSG tanpa Neymar di laga kontra Barcelona

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021