Kemenpan RB berikan penghargaan 12 Polres atas pelayanan prima publik

Kemenpan RB berikan penghargaan 12 Polres atas pelayanan prima publik

(ki-ka) Menpan RB Tjahjo Kumolo, Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers di sela-sela Rapim Polri, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/2/2021). ANTARA/HO-Polri/am.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan kepada 12 Polres/ Polresta/ Polrestabes yang dinilai memberikan pelayanan prima kepada publik.

Pemberian penghargaan langsung diberikan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, dalam acara Rapat Pimpinan (Rapim) Polri 2021.

"Hari ini ada 12 Polres yang mendapatkan penilaian dengan grade A atau grade terbaik terkait dengan masalah pelayanan prima. Tentunya kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Menpan RB atas penyampaian hasil evaluasi dan pelayanan publik Polri," kata Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Pihaknya berharap penghargaan terhadap 12 Polres ini dapat memotivasi Polres-polres lainnya untuk juga meningkatkan pelayanan terhadap publik.

Baca juga: Menteri PAN-RB sebut peran Polri perlu dioptimalkan di masa pandemi

Penghargaan ini sejalan dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik Polri. Sigit menyebut peningkatan pelayanan publik akan dilakukan secara bertahap di Polres-polres, khususnya di perkotaan yang didukung dengan teknologi informasi dan teknologi digital sehingga Polres diharapkan mampu memberikan pelayanan publik secara daring.

"Tentunya ini menjadi komitmen kami bahwa tidak hanya sampai di 12 Polres, tapi terus kami tingkatkan (pelayanan publik di Polres-polres lainnya). Sehingga ke depan Polres-Polres secara bertahap khususnya di wilayah perkotaan yang didukung dengan teknologi informasi dan teknologi digital, mampu memberikan pelayanan secara online," tuturnya.

Untuk mengoptimalkan pelayanan publik dalam pengurusan SIM dan SKCK, Kemenpan RB melakukan evaluasi terhadap 209 layanan publik di Polres/ Polresta/ Polres Metro berbagai daerah.

Ada enam aspek yang menjadi dasar penilaian berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 17 Tahun 2017 yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

Baca juga: Korlantas tekankan pentingnya pelayanan prima berbasis teknologi

Tahap evaluasi dimulai dari pengisian kuesioner secara online dengan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), melalui laman sipp.menpan.go.id. Untuk memastikan kebenaran dari kuesioner yang telah diisi, tim evaluator melakukan verifikasi lapangan ke lokasi layanan. Desk evaluasi juga dilakukan secara virtual, dan disusun berita acara hasil pengamatan beserta rekomendasi perbaikannya.

Berikut 12 Polres/ Polresta/ Polrestabes yang mendapatkan penghargaan dari Menpan RB atas pelayanan prima kepada publik dengan kategori nilai A yakni Polresta Sidoarjo, Polrestabes Surabaya, Polresta Cirebon, Polres Banyuwangi, Polres Malang, Polrestabes Palembang dan Polrestabes Bandung.

Kemudian Polres Gresik, Polresta Pekanbaru, Polres Malang Kota, Polres Kulon Progo dan Polres Sleman.

Acara tersebut turut dihadiri Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar serta Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol Firli Bahuri.

Baca juga: Komjen Listyo Sigit: Penegakan hukum harus tegas namun humanis

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Eliminasi pelanggaran layanan SIM, Kapolri luncurkan aplikasi Sinar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar