diperkirakan satu orang membutuhkan waktu sekitar 39 menit untuk menyelesaikan rangkaian registrasi, vaksinasi, hingga observasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan sebanyak 9791 pedagang di Pasar Tanah Abang blok A akan mengikuti vaksinasi COVID-19 mulai Rabu (17/2) secara bertahap.

Angka tersebut dihimpun dari PD Pasar Jaya selaku BUMD pengelola pasar di DKI Jakarta setelah melakukan screening pada Selasa pagi.

Baca juga: Vaksinasi massal pedagang Pasar Tanah Abang dijadwalkan Rabu (17/2)

"Kita mulai besok,  tahap awal 1000 sampai 2000," kata Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rendonuwu usai mengecek persiapan vaksinasi di Pasar Tanah Abang blok A, Selasa.

Direncanakan vaksinasi itu akan dilakukan selama enam hari dengan harapan pedagang dan warga di Pasar Tanah Abang seluruhnya mengikuti vaksinasi.

Untuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Pasar Tanah Abang blok A esok direncanakan akan dimulai pada pukul 07.00 WIB dan dibagi dua tempat yaitu di lantai 8 yang sebelumnya adalah foodcourt dan lantai 12.
Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hernawan menjelaskan protokol kesehatan kepada Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rendonuwu, Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti, Plh Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi, dan Dirut PD Pasar Jaya Arief untuk persiapan vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang blok A, Selasa (16/2/2021). (ANTARA/Livia Kristianti)

Pedagang akan difokuskan mengikuti vaksinasi di lantai 8, sedangkan untuk pegawai dari pengelola Pasar Tanah Abang blok A akan menjalani vaksinasi di lantai 12.

Baca juga: Pasar Jaya dukung vaksinasi pedagang di Blok A dan B Pasar Tanah Abang

Penerapan protokol kesehatan khususnya mencegah kerumunan dipastikan diterapkan untuk vaksinasi di Pasar bertaraf Internasional itu sehingga bantuan dari petugas Kepolisian Sektor Tanah Abang dan Koramil 05 Benhil diturunkan dalam penyelenggaraan vaksinasi itu.

Diperkirakan satu orang membutuhkan waktu sekitar 39 menit untuk menyelesaikan rangkaian registrasi, vaksinasi, hingga observasi.

Baca juga: Polsek Tanah Abang luncurkan Motor 3M tekan kasus COVID-19

Dalam vaksinasi pertama di Pasar Tanah Abang blok A itu akan ada 50 vaksinator yang diturunkan oleh Kemenkes memberikan vaksin bagi warga Pasar Tanah Abang Blok A.

#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker
#vaksincovid19

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021