Kudus (ANTARA) -
Sebuah kios di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang menjadi pasar grosir konveksi terbakar sehingga mengakibatkan ratusan pedagang panik dan harus mengevakuasi barang dagangannya ke tempat yang aman, Selasa.
 
Suyono, salah seorang pedagang di Pasar Kliwon di Kudus, mengungkapkan bahwa kebakaran terjadi di sebuah kios di blok A lantai bawah sekitar pukul 16.00 WIB.
 
Kios pakaian tersebut, kata dia, sebagai gudang penyimpanan barang dagangan dan tidak ada yang menunggui.
 
Atas peristiwa tersebut, para pedagang langsung berupaya memadamkan api dengan menggunakan air hidran yang tersedia di lokasi pasar sebelum tim pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian.
 
Meskipun yang terbakar diduga hanya satu kios, namun membuat para pedagang panik dan harus mengevakuasi barang dagangannya.
 
Mukhorobin, salah satu pedagang sandal juga mengevakuasi barang dagangannya untuk antisipasi ketika api tidak berhasil dipadamkan.
 
"Tidak semua barang dagangan kami evakuasi. Hanya sebagian sambil melihat kondisinya," ujarnya.
 
Ia khawatir jika mengevakuasi semua barang dagangannya, justru tidak ada jaminan keamanan.
 
Dengan banyaknya warga yang berada di lokasi kebakaran, dikhawatirkan ada yang berbuat jahat dengan memanfaatkan kondisi pedagang yang panik.
 
Hingga berita ini ditulis, tim pemadam kebakaran masih berjuang memadamkan api.
 
Kapolsek Kota AKP Muh Khoirul Naim yang berada di lokasi kejadian meminta para pedagang untuk menjaga barang dagangannya yang dievakuasi di luar kios.

Baca juga: Langgar protokol kesehatan, Pasar Kliwon Kudus disemprot disinfektan
Baca juga: Hasil rapid test corona di Pasar Kliwon Kudus enam orang reaktif

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021