Seleksi masuk UI melalui SNMPTN dibuka hingga 24 Februari 2021

Seleksi masuk UI melalui SNMPTN dibuka hingga 24 Februari 2021

Kuota Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia (UI). (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 Universitas Indonesia (UI) telah dibuka mulai Senin 15 Februari pukul 15.00 WIB sampai dengan 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

Pendaftaran dilakukan melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id dengan cara login menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof. Abdul Haris dalam keterangannya, Selasa mengatakan UI mengundang seluruh anak bangsa untuk berkompetisi melalui Seleksi Nasional maupun SIMAK UI dan menikmati pendidikan di universitas riset terkemuka di Asia Tenggara yang inklusif dan modern.

Haris mengatakan bagi calon mahasiswa yang ingin masuk UI pada jenjang Strata Satu (S1) Reguler, bisa melalui SNMPTN, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN, dan Seleksi Masuk (SIMAK) UI. Untuk jenjang S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, dan Vokasi UI 2021 adalah melalui Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)/Talentscouting dan SIMAK UI.

"Alokasi kuota penerimaan mahasiswa baru UI tahun 2021 untuk program pendidikan S1 Reguler sama dengan tahun 2020, yaitu 20 persen SNMPTN, 30 persen SBMPTN dan 50 persen jalur mandiri yaitu SIMAK UI," ujarnya.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN dimulai 15 Februari

Baca juga: Unsoed sediakan 1.218 kursi untuk SNMPTN 2021


Sedangkan kuota penerimaan S1 Paralel adalah 50 persen (melalui PPKB UI) dan 50 persen (SIMAK UI), untuk S1 Kelas Internasional adalah 40 persen (melalui talentscouting) dan 60 persen lewat SIMAK UI, sedangkan Vokasi UI adalah 70 persen (melalui PPKB UI) dan 30 persen (SIMAK UI).

Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN adalah yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen, dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Bagi peserta yang memilih dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di SNMPTN 2021 maka salah satu PTN pilihannya harus berada di wilayah yang sama dengan sekolah.

Pendaftaran jalur masuk PPKB dan Talentscouting telah dibuka sejak 4 Februari hingga 6 Maret 2020. Untuk pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dilakukan pada 15 Maret-1 April 2021, dan pelaksanaan ujian dibagi menjadi dua gelombang yaitu, 12-18 April 2021 (Gelombang 1) dan 26 April-2 Mei 2021 (gelombang 2).

Jalur mandiri SIMAK UI akan dibuka pada 3 Mei – 9 Juni 2021 dengan materi seleksi Kriteria Nilai UTBK (untuk pendaftar S1 Reguler) dan nilai ujian SIMAK UI, yang terdiri dari Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua jurusan, Kemampuan IPA terdiri dari Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia, dan Kemampuan IPS terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi.

Untuk Kelas Internasional, yang akan diuji adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science), dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian, dan World History, Geography, Sociology (Social Science).

Pada ujian masuk melalui jalur SBMPTN yang akan diuji adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) yang mengukur kemampuan kognitif seperti kemampuan penalaran dan pemahaman umum, dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) guna mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah.

Baca juga: UI sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, dan jalur masuk UI 2021

Baca juga: UI proses penerimaan mahasiswa yang lulus SNMPTN via daring

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Strap masker berbahaya, Epidemiolog UI sarankan ini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar