penyusunan materi teknis Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional (KSN) Pacangsanak dan KSN Jabodetabekpunjur pada perairan pesisir telah diselesaikan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengambil sejumlah langkah strategis dalam mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan pengembangan wilayah Provinsi Jawa Barat.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam rapat koordinasi virtual lintas sektor di Jakarta, Selasa, menyatakan, sejumlah langkah strategis itu mulai dari menerbitkan surat izin hingga membangun dan merevitalisasi sarana prasarana perikanan di provinsi tersebut.

"KKP telah menerbitkan surat penetapan lokasi perairan untuk kegiatan eksploitasi Migas Offshore Northwest Jawa pada pertengahan Januari 2021," ungkap Trenggono.

KKP, ujar dia, juga aktif melakukan rehabilitasi/restorasi kawasan mangrove yang ada di pesisir pantai Jawa Barat.

Ia memaparkan bahwa kegiatan tersebut adalah dalam rangka membantu menangani abrasi dan rob yang rutin terjadi di sejumlah wilayah Jabar, salah satunya melalui program pembangunan sabuk pantai di Karawangan.

"Lalu penyusunan materi teknis Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional (KSN) Pacangsanak dan KSN Jabodetabekpunjur pada perairan pesisir telah diselesaikan," ujarnya.

Kemudian secara khusus KKP memberi dukungan penuh pada pembangunan Rebana Golden Triangle, yakni kawasan industri yang dibidik menjadi pusat ekonomi baru di Jawa Barat. Kawasan tersebut, lanjutnya, mencakup Cirebon, Majalengka dan Subang.

Dukungan KKP yang dimaksud di antaranya penataan tata ruang di perairan pesisir untuk mendukung kegiatan Rebana Golden Triangle di ruang laut.

Trenggono mengemukakan bahwa pihaknya juga melakukan penguatan masyarakat petambak garam dan membangun prasarana di sentra-sentra pergaraman rakyat yang ada di Kabupaten Subang dan Kabupaten Cirebon.

"Kami juga melakukan penguatan masyarakat nelayan, pembangunan prasarana di sentra-sentra industri perikanan tangkap dan budidaya di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon pada tahun 2019-2020," ungkapnya.

Selain itu, KKP membangun infrastruktur di sektor perikanan yang tujuannya sekaligus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir. Salah satunya membangun Pelabuhan Perikanan Cikidang yang menelan anggaran sekitar Rp22 miliar.

Mengenai pengembangan infrastruktur perikanan di selatan Jawa Barat, KKP menyarankan Pemprov Jawa Barat untuk fokus di empat titik, yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara Pelabuhanratu, Pelabuhan Perikanan Pantai Cilauteureun, Pelabuhan Perikanan Cikidang, dan Pelabuhan Perikanan Jayanti.

"KKP siap membantu dan bekerjasama dengan Pemda Provinsi Jabar untuk melakukan studi perencanaan bisnis yang secara ekonomis layak dan dapat dijadikan model investasi swasta di pelabuhan perikanan. Dengan demikian diharapkan produksi dapat meningkat, bahkan untuk keperluan ekspor," paparnya.

Baca juga: Menteri: Program padat karya sektor kelautan serap 4.600 tenaga kerja
Baca juga: Temui Menteri KKP, HNSI Tegal sebut siap ganti alat tangkap ikan
Baca juga: Menteri KKP: Riset benih unggul tingkatkan produksi budidaya perikanan

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021