Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Anak Kanya Ayu Paramastri dari Universitas Indonesia mengatakan orangtua harus lebih hati-hati dalam memperhatikan kondisi keluarga, terutama anak-anak, di masa pandemi.

"Cegah sebelum anak sakit. Orangtua bertanggungjawab menjaga kesehatan anak lewat gizi," kata Kanya dalam diskusi virtual, Selasa.

Baca juga: Menghitung porsi nutrisi balita demi cegah stunting

Dia menyampaikan, menjaga kesehatan anak terbaik adalah dengan memberikan nutrisi adekuat agar mencapai status gizi yang baik sehingga daya tahan tubuh dapat terpacu secara optimal. Pandemi COVID-19 membuat masyarakat harus lebih memperhatikan urusan kesehatan jiwa raga seluruh anggota keluarga, khususnya anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa.

"Satu lagi yang penting yaitu imunisasi. Jangan sampai karena anak tidak divaksin, begitu pandemi selesai, maka muncul wabah infeksi lain yang seharusnya bisa dicegah oleh imunisasi. Jangan lupa untuk cek rekomendasi vaksinasi anak usia 0-18 tahun yang telah diperbaharui tahun 2020 lalu oleh IDAI,” kata Kanya menjelaskan.

Dia menjelaskan, pada masa awal pandemi ketika kita harus beraktivitas di rumah saja termasuk bersekolah dan bekerja, jumlah pasien dan kunjungan ke poli anak sangat jauh berkurang.

Di sisi lain, jumlah pasien sehat yang datang untuk diimunisasi jauh meningkat. Kanya mengatakan, orangtua tidak perlu khawatir pergi ke fasilitas kesehatan untuk mengimunisasi anaknya, karena fasilitas kesehatan pada umumnya telah membedakan lokasi dan waktu untuk pasien sehat dan pasien sakit serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dia mengingatkan untuk orangtua yang masih harus keluar rumah untuk bekerja untuk terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti melepas sepatu di luar rumah, meletakkan barang bawaan di wadah terbuka, masuk kamar mandi, lepas pakaian dan masker kain lalu segera rendam dengan sabun cuci. Setelah itu, segera bersihkan diri dengan mandi, keramas, sikat gigi, berkumur serta mencuci hidung.


Baca juga: Alasan pentingnya jaga nutrisi anak di lima tahun pertama

Baca juga: Waktu yang terbaik untuk anak berjemur

Baca juga: Pentingnya Omega 3 dan 6 untuk pertumbuhan anak

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021