Tim pemadam kebakaran berhasil padamkan Pasar Kliwon Kudus

Tim pemadam kebakaran berhasil padamkan Pasar Kliwon Kudus

Suasana Pasar Kliwon Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tampak ramai karena para pedagang panik menyusul adanya kios pedagang yang terbakar sehingga para pedagang harus mengevakuasi semua barang dagangannya dari kiosnya, Selasa (16/2/2021). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - Tim pemadam kebakaran gabungan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berhasil memadamkan kebakaran di salah satu kios pedagang yang menjual pakaian di Pasar Kliwon sekitar pukul 19.20 WIB.

"Semua barang dagangan yang ada di dalam kios sudah saya minta untuk dikeluarkan guna memastikan tidak ada bara api lagi," kata Pelaksana tugas Bupati Kudus Hartopo di sela-sela memantau pemadaman kebakaran di Pasar Kliwon Kudus, Selasa.

Selain itu, kata dia, di dalam kios yang terbakar tersebut juga sudah disemprot dengan air yang sejak awal dilokalisir agar tidak merembet ke kios pedagang lainnya.

Baca juga: Sebuah kios di Pasar Kliwon Kudus terbakar, ratusan pedagang panik

Hasilnya, sekitar pukul 19.20 WIB api bisa dipadamkan oleh tim pemadam gabungan, baik dari tim Pemadam Kebakaran Pemkab Kudus maupun tim pemadam dari perusahaan swasta.

Sebetulnya, lanjut dia, pedagang tidak perlu panik sehingga harus mengeluarkan semua barang dagangannya karena jika mau menunggu sebentar sudah bisa diketahui hasilnya.

"Adapun penyebab kebakaran, diduga karena korsleting listrik," ujarnya.

Baca juga: Pasar Juwana Pati mengalami kebakaran

Meskipun kios yang terbakar hanya satu kios, ternyata membuat para pedagang panik sehingga semuanya berlomba-lomba mengeluarkan barang dagangannya. Termasuk pedagang yang berasal dari lantai dua.

Di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman juga dipenuhi kendaraan roda empat atau lebih yang hendak digunakan untuk mengangkut barang dagangan para pedagang karena khawatir pengalaman sebelumnya yang mengalami kebakaran hebat hingga mengakibatkan ratusan kios dan los ludes terbakar.

Beberapa pedagang ada yang percaya bahwa kebakaran tersebut tidak akan merembet ke kios lainnya, menyusul setelah diketahui terbakar langsung dipadamkan sehingga potensi merembet ke kios lain sangat kecil.

Baca juga: Pasar Gajah Demak Jateng kembali terbakar

Dalam rangka mengantisipasi kemungkinan adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kepanikan pedagang, polisi dan TNI juga ikut berjaga-jaga agar tidak ada pedagang yang kehilangan barang dagangannya karena banyak yang asal mengeluarkan dari dalam kios.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar