Liga Jerman

David Alaba tinggalkan Bayern Muenchen akhir musim ini

David Alaba tinggalkan Bayern Muenchen akhir musim ini

David Alaba telah berada di Bayern Munchen itu sejak level junior pada 2008 dan sangat sukses di klub. ANTARA/REUTERS/MATTHEW CHILDS.

Jakarta (ANTARA) - Bek Bayern Muenchen David Alaba hari ini menyatakan akan mengakhiri 13 tahun kiprahnya di klub tersebut akhir musim ini setelah kedua belah pihak tidak menyetujui  kesepakatan baru.

"Saya memutuskan setelah musim ini (saya ingin) melakukan hal baru, meninggalkan klub," kata pemain berusia 28 tahun itu dalam konferensi pers sehari setelah imbang 3-3 melawan Arminia Bielefeld di Bundesliga seperti dikutip Reuters.

"Itu bukan keputusan yang mudah karena saya telah berada di sini selama 13 tahun dan klub ini dekat dengan hati saya," kata dia.

Dia mengaku belum memutuskan ke mana tujuan selanjutnya.

Bek timnas Austria itu dikaitkan dengan beberapa klub Liga Premier, sedangkan Real Madrid juga disebut-sebut berminat merekrut pemain serba bisa tersebut.

"Keputusan ke mana perjalanan itu selanjutnya belum dibuat," kata Alaba.

"Namun, saya menginginkan tantangan, untuk berkembang sebagai pemain di dalam dan di luar lapangan. Saya ingin keluar dari zona nyaman saya."

Baca juga: Bayern Munchen relakan David Alaba gabung klub lain

"Yang juga akan memengaruhi keputusan saya adalah di mana saya bisa terus memainkan sepak bola yang sukses," kata dia.

Dia menambahkan bahwa agennya sudah berbicara dengan beberapa klub tanpa memberikan rincian.

Bayern pada November memutuskan mundur dalam negosiasi kontrak baru Alaba setelah proses pembicaraan selama berbulan-bulan.

Alaba berada di klub itu sejak level junior pada 2008 dan sangat sukses di Bayern setelah memenangkan lebih dari dua lusin gelar termasuk dua trofi Liga Champions, sembilan gelar Bundesliga dan enam Piala Jerman serta dua Piala Dunia Antarklub.

Dia dapat bermain sebagai bek sayap dan bek tengah serta sayap, dan menjadi starter selama hampir satu dekade serta favorit suporter The Bavarian.

Bayern memenangi gelar Piala Dunia Antarklub pekan lalu untuk mengakhiri musim 2019-2020 yang sensasional dengan total enam gelar.

Mereka akan menghadapi Lazio pada babak 16 besar Liga Champions akhir bulan ini dan juga memuncaki klasemen Bundesliga.

Baca juga: Alaba tegaskan performanya tidak terpengaruh situasinya di Bayern

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar