Unggahan Instagram Risa Saraswati soal banjir bikin warganet penasaran

Unggahan Instagram Risa Saraswati soal banjir bikin warganet penasaran

Risa Saraswati. ANTARA/HO-Instagram@risa_saraswati/pri.

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi yang kini lebih dikenal sebagai Youtuber Risa Saraswati, pada Selasa (16/2) mengunggah sejumlah Instagram Story terkait bencana banjir yang melanda sejumlah daerah di Jawa Barat.

Unggahan itu lantas membuat penasaran warganet karena ada salah satu korban banjir yang justru terlihat seperti menyelamatkan kotak oranye mirip kotak paket belanja dari salah satu e- commerce Indonesia.

Baca juga: Risa Sarasvati ungkap alasannya bersedia disuntik vaksin COVID-19

"Hi guys! Aku sempat lihat berita ini mengenai situasi banjir di beberapa daerah. Ada yang tahu bagaimana situasi di Subang dan Karawang saat ini? Apa saja yang sekiranya dibutuhkan?" Kata Risa dalam unggahan Instagram Story dengan mencantumkan dua berita tentang bencana banjir di Subang dan Karawang.

Unggahan itu lantas mendapat tanggapan dari sejumlah pengikut dia di Instagram yang merespons dengan memberikan sejumlah foto terkini banjir di daerahnya.

"Hi Teh risa, ini di dekat rumah aku, situasinya yang sempat aku lihat masih menggenang beberapa hari lalu," kata salah satu pengikut Risa.

Risa yang juga merupakan public figure asal Kota Bandung itu melampirkan tangkapan layar percakapan pribadi antara dia dan pengikutnya, yang juga merespon unggahan Instagram Story Risa sebelumnya.
 
Tangkapan layar unggahan Instagram Story Risa Saraswati ((Instagram@risa_saraswati))


Baca juga: Sebanyak 8.648 orang mengungsi akibat banjir di Karawang

Dalam percakapan itu, pengikut Risa mengirim dua foto. Salah satu foto berupa sebuah wilayah yang masih digenangi banjir setinggi lutut dengan seorang ibu yang membawa kotak oranye.

Pengikut Risa itu mengabarkan bahwa sudah ada beberapa bantuan yang sudah sampai di lokasi bencana dan beberapa kebutuhan lain yang dibutuhkan.

"Teh, sebenarnya kita butuh makanan pokok, alat-alat kebersihan sih yang paling penting."

Unggahan tersebut lantas menuai rasa penasaran warganet pengguna Instagram, kebanyakan menanyakan kotak oranye yang dibawa oleh salah seorang ibu di dalam foto.

"Salfok ibu jilbab hitam yang nyelametin belanjaan di kotak oren, isinya apa buu sampai ditenteng-tenteng menerjang banjir?" Kata salah satu pengikut Risa yang diunggah dia dalam Instagram Story.

Risa mengaku tidak menyangka unggahannya tersebut menuai banyak perhatian dari pengikutnya.

"Wah gak nyangka banyak banget respon yang masuk di DM aku, tapi kok ada yang malah fokus sama kotak belanjaan. bener-bener ya mata netizen," kata Risa.

Tak lama berselang, penulis novel misteri "Asih" (2018) itu mengunggah Insta Story lanjutan respons dari pengikutnya yang menjelaskan bahwa kotak oranye yang identik dengan kotak paket belanja dari salah satu e-commerce, Shopee Indonesia tersebut sebetulnya adalah kotak donasi.

"Tuh kan heboh-heboh deh kalian, ternyata kardus isinya donasi bukan paket belanjaan yaa," kata Risa.

Baca juga: Pengungsi korban banjir Subang mencapai 38.878 jiwa
 
Tangkapan layar unggahan Instagram Story Risa Saraswati ((Instagram@risa_saraswati))

Setelah mendapat konfirmasi dari pengikutnya bahwa kotak oranye yang heboh dibicarakan oleh pengikutnya tersebut merupakan kotak donasi dari salah satu e-commerce, Risa kemudian menutup unggahannya mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan para pengikutnya di Instagram. Dia berharap para pengikutnya ikut berdonasi meringankan beban para korban bencana banjir.

"Intinya saya ingin infokan bahwa korban terdampak masih banyak membutuhkan bantuan. Walau sudah ada beberapa donasi yang sampai, tapi tidak ada salahnya apabila ada rezeki lebih dan ingin membantu teman-teman di sana, yuk silakan langsung berdonasi ya, stay safe teman- teman," kata dia.

Belum selesai pandemi COVID-19 di Indonesia, negeri ini kembali ditimpa musibah bencana alam.

Sejak Januari hingga 16 Februari 2021, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sudah ada 453 kejadian bencana di Indonesia, 252 di antaranya adalah banjir.

Karawang dan Subang menjadi dua titik banjir terbaru di awal Februari 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meprakirakan cuaca ekstrem di Pulau Jawa masih akan berlangsung hingga akhir Februari 2021.


Baca juga: Risa Saraswati tulis kisah "Asih" dalam tiga hari

Baca juga: Ariel Noah dan Risa Saraswati hanya mengantuk usai divaksin COVID-19

Baca juga: Ariel Noah dan Risa Saraswati ikuti vaksinasi dosis kedua di Bandung

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Forkopimda Kota Bandung dan Ariel Noah divaksinasi dosis kedua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar