100 personil Brimob Polda Jambi di BKO jaga keamanan di Papua

100 personil Brimob Polda Jambi di BKO jaga keamanan di Papua

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo saat melepas dan memberikan pengarahan kepada Personil Brimob Polda Jambi yang akan dikeberangkatkan untuk BKO ke Papua. ANTARA/HO.

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 100 personel Satuan Brimob Polda Jambi yang mendapat penugasan Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Papua diberangkatkan Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo melalui upacara pemberangkatan di Lapangan Makosat Brimob Polda Jambi.

Upacara yang dilaksanakan usai acara Rapim Polri tersebut dihadiri oleh Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan Roswinarso, Irwasda Polda Jambi, Pejabat Utama Polda Jambi dan Kapolresta Jambi, kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto, Rabu.

Kapolda Jambi dalam arahannya memerintahkan kepada komandan kompi yang akan memimpin seluruh pasukan, untuk tetap berhati-hati di sana.

Baca juga: Ketua MPR: Kaji langkah efektif tumpas KKSB

"Hal yang perlu diatensi dalam pelaksanaan tugas di Papua adalah penghormatan terhadap hak azasi manusia," kata Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo yang baru saja mengikuti Rapim TNI Polri dan mendapat pengarahan dari Kapolri dan Ketua Komnas HAM.

Kemudian lagi perlu perhatian khusus nilai-nilai yang ada di masyarakat Papua, nilai yang ada di Jambi dan nilai yang dilihat dari masyarakat di luar Indonesia itu berbeda, ketika saudara melakukan penindakan terhadap sekelompok pemuda kemudian mereka dilucuti bajunya dan suruh jongkok itu saja menurut dunia internasional sudah masuk pelanggaran HAM.

"Jadi saya mohon betul kepada saudara-saudara yang mendapat kesempatan untuk melaksanakan tugas ini agar melaksanakan dengan bijak segala tindakan yang akan saudara lakukan, pahami betul isu apa yang ada di sekitar saudara," pesan Kapolda Jambi.

"Saya yakin saudara sudah dilatih dipersiapkan baik fisik mental maupun keterampilan oleh Bapak Dansat dan Wadansat Brimob, jangan lengah dalam waktu enam bulan ke depan saudara-saudara berangkat utuh kembali utuh dan tidak ada yang terluka atau kurang apapun," kata Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Untuk diketahui, pasukan ini diberangkatkan dalam rangka pengamanan daerah rawan di bawah pimpinan Komandan Kompi Penugasan Iptu Robert C Purba, akan memimpin 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Penugasan Sat Brimob Polda Jambi.

Sebanyak 100 Personel Brimob Polda Jambi BKO Polda Papua ini akan melaksanakan tugas di wilayah Puncak Jaya. Mereka akan bertugas di sana selama enam bulan.

Di daerah Operasi, pasukan BKO akan melaksanakan tugas melaksanakan patroli dan pengamanan daerah rawan gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), melaksanakan penebalan di Polsek Polsek yang rawan gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata ataupun daerah rawan konflik sosial.

Disamping itu juga bertugas menjaga, memberikan rasa aman masyarakat dan menjamin situasi Kamtibmas yang kondusif.

Baca juga: KSP sampaikan masukan evaluasi implementasi Inpres Papua ke Wapres
Baca juga: KKP: Sentra kelautan Mimika bisa jadi episentrum perikanan Papua

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ditpolair Jambi gagalkan penyelundupan lobster Senilai Rp 14M

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar