Presiden harap MA terus tingkatkan kualitas aplikasi e-court

Presiden harap MA terus tingkatkan kualitas aplikasi e-court

Tangkapan layar - Presiden RI Joko Widodo dalam pidato virtual di acara Sidang Pleno Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2020 dari Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/2/2021). ANTARA/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/pri.

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo berharap Mahkamah Agung (MA) terus meningkatkan kualitas aplikasi e-court sebagai salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia peradilan.

Demikian disampaikan Presiden dalam pidato virtual di acara Sidang Pleno Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2020, sebagaimana ditayangkan langsung Youtube Sekretariat Presiden dari Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Presiden harap semua pekerja sektor pelayanan publik divaksinasi

"Saya berharap Mahkamah Agung terus meningkatkan kualitas aplikasi e-court termasuk standarisasi kewajiban para pihak, pemeriksaan saksi dan juga perluasan aplikasi e-court untuk perkara-perkara perdata yang bersifat khusus," ujar Presiden di Jakarta, Rabu.

Presiden mencatat sebelum pandemi, MA sudah memiliki rencana besar untuk menggunakan teknologi informasi di lingkungan peradilan.

Datangnya pandemi, menurut Kepala Negara, justru mempercepat terwujudnya rencana besar tersebut.

Kepala Negara menyampaikan bahwa pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya, pada upaya-upaya yang telah dilakukan MA untuk memperluas e-court dan e-litigation.

Namun demikian Presiden mengingatkan akselerasi penggunaan teknologi bukanlah tujuan akhir. Percepatan penggunaan teknologi adalah pintu masuk untuk transformasi lebih luas dan lebih besar dalam penyelenggaraan peradilan, untuk mempercepat terwujudnya peradilan yang modern.

Baca juga: Jokowi tinjau vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A
Baca juga: Presiden Jokowi yakin LPI dapat meraih kepercayaan investor

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden tinjau vaksinasi seniman dan budayawan di Jakarta​​​​​​​

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar