Lemkapi: Kapolres terbaik pelayanan publik perlu dipermudah karirnya

Lemkapi: Kapolres terbaik pelayanan publik perlu dipermudah karirnya

Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Saputera Hasibuan (populer Edi Hasibuan) yang juga mantan anggota Kompolnas RI. ANTARA/Kodir.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengatakan para kapolres yang mendapatkan penghargaan pelayanan publik terbaik perlu dipermudah dalam pengembangan karirnya.

"Sebab ini akan menjadi motivasi untuk para kapolres lainnya, dalam meningkatkan kinerja," kata Edi dalam keterangan pers tertulis di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) itu merupakan bukti kerja keras para kapolres dan jajarannya.

"Ini membuktikan pelayanan publik di lingkungan Polri semakin baik. Dalam pemantauan kami, selama ini semakin banyak inovasi pelayanan publik di kepolisian sehingga membuat masyarakat nyaman," kata mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini.

Edi mengatakan penghargaan dari Kemenpan RB itu sejalan dengan pemantauan Lemkapi terhadap kinerja sejumlah kapolres antara lain Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leo Simarmata, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Kapolres Kulon Progo AKBP Tartono dan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumarji.

Baca juga: Lemkapi: Silaturahmi Kapolri ke ormas Islam perkuat pesan kamtibmas
Baca juga: Edi Hasibuan: Proses hukum Ambroncius bentuk ketegasan Polri


Pada Selasa (16/2) di Mabes Polri, Menpan RB Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan 12 polres yang mampu memberikan pelayanan prima kepada publik dengan katagori nilai A (terbaik).

Penghargaan itu diberikan setelah mengevaluasi 209 layanan layanan publik di polres, polresta dan polres metro di seluruh Indonesia.

Ada enam aspek yang menjadi dasar penilaian berdasarkan Peraturan Menpan B Nomor 17 Tahun 2017 yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi pelayanan publik.

Adapun 12 polres yang mendapatkan penghargaan dari Menpan RB atas pelayanan prima kepada publik dengan kategori nilai A yakni Polresta Sidoarjo, Polrestabes Surabaya, Polresta Cirebon, Polres Banyuwangi, Polres Malang, Polrestabes Palembang, Polrestabes Bandung, Polres Gresik, Polresta Pekanbaru, Polres Malang Kota, Polres Kulon Progo dan Polres Sleman.

Pewarta: Santoso
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tim pemulasaran COVID-19 Polresta Malang Kota raih penghargaan Lemkapi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar