Unhas terima mahasiswa baru jalur Ketua OSIS

Unhas terima mahasiswa baru jalur Ketua OSIS

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof drg A Arsunan Arsin MKes. ANTARA/HO.

Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin menerima mahasiswa baru melalui Jalur Program Pembinaan Bakat Kepemimpinan 2021 yang khusus diperuntukkan bagi lulusan SMA di Sulawesi Selatan yang pernah menjabat sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof drg A Arsunan Arsin MKes di Makassar, Rabu, mengatakan proses pendaftaran telah dibuka sejak 15 Februari hingga 6 Maret 2021.

"Dari hasil monitoring kami, mereka selain berprestasi juga berkiprah dalam organisasi kampus. Kami fokus pada Ketua OSIS, karena mereka ini merupakan pucuk pimpinan yang telah melewati proses seleksi," jelasnya.

Ia menjelaskan, selain fokus berkiprah dalam dunia profesional, Unhas juga memiliki komitmen menghasilkan luaran yang memiliki perpaduan kualitas akademik dan kualitas kepemimpinan.

Hal inilah yang mendasari pembukaan Jalur Ketua OSIS ini.

Menurut Prof Arsunan, program ini hadir dengan tujuan memberikan kesempatan kepada siswa SMA/sederajat di Sulawesi Selatan yang pernah menjadi ketua OSIS serta memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan di Unhas.

Bagi Unhas sendiri, program ini memberikan peluang mendapatkan calon mahasiswa yang memiliki potensi prestasi dan potensi serta bakat kepemimpinan.

Baca juga: BI Sulsel sosialisasikan program beasiswa 2021 untuk mahasiswa Unhas

Baca juga: Unhas bebaskan UKT bagi mahasiswa terdampak bencana Sulbar


Untuk tahun ini, Prof Arsunan menambahkan Unhas mengupayakan ada peningkatan jumlah kuota dari tahun sebelumnya, mengingat antusias siswa dari berbagai sekolah di Sulawesi Selatan.

Meskipun demikian, Unhas juga tetap melihat jumlah kuota pada masing-masing program studi yang dibuka.

Selain itu, juga memberikan kesempatan kepada siswa dengan sekolah Akreditasi B untuk mengikuti program ini, dimana sebelumnya hanya untuk siswa dengan sekolah terakreditasi A.

Setelah melakukan pendaftaran online hingga awal Maret mendatang, proses dilanjutkan dengan pengumuman seleksi administrasi pada 15 Maret 2021 untuk selanjutnya mengikuti verifikasi berkas dan wawancara 15 Maret 2021.

Sementara itu, pengumuman hasil seleksi akan dilakukan 7 April. "Kami upayakan kurang lebih 30 orang yang akan diterima dalam jalur ini dan tetap mengikuti proporsi distribusi fakultas," ujarnya.

"Proses seleksi semua kita lakukan secara daring mengikuti situasi pandemi saat ini. Untuk memaksimalkan efektivitas proses penerimaan, siswa hanya boleh memilih satu program studi saja," sambung Prof Arsunan.

Melalui program seleksi Jalur Ketua OSIS, Prof Arsunan berharap menjadi salah satu media dalam menjaring kandidat terbaik guna menghasilkan luaran Unhas yang berkualitas dan berdaya saing.

Bagi mahasiswa SMA/Sederajat yang ingin mengikuti proses seleksi jalur ini dapat melihat informasi resmi pada laman http://osispmb.unhas.ac.id atau dapat mengunjungi bagian Kemahasiswaan Unhas yang berada di Lt. 2 Gedung Rektorat Unhas dengan prokes ketat.

Baca juga: Mahasiswa Unhas raih medali Internasional ITEX 2020

Baca juga: Ratusan mahasiswa-alumni Unhas ikuti Program P2L Kementan

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar