Hanya satu atlet saja yang lolos ke Olimpiade
Jakarta (ANTARA) - Atlet menambak Vidya Rafika Rahmatan Thayiba menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang bakal turun di Olimpiade Tokyo 2021 setelah upaya Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) menambah kuota atlet terkendala pandemi.

"Benar. Hanya satu atlet saja yang lolos ke Olimpiade. Sebenarnya kami juga sudah menjadwalkan untuk mengejar tambahan kuota" kata Sekjen PB Perbakin Justian Judiswandarta saat dikonfirmasi dari Jakarta, Rabu.

PB Perbakin, kata dia, tetap berusaha menambah kuota dengan mengirimkan atlet ke kejuaraan yang sudah dijadwalkan oleh Federasi Olahraga Menembak Internasional (ISSF). Hanya saja kejuaraan kualifikasi itu dibatalkan karena pandemi COVID-19.

"Dengan batalnya beberapa kejuaraan kualifikasi, praktis kita tidak bisa menambah atlet. Vika satu-satunya petembak yang tampil di Tokyo," katanya menambahkan.

Baca juga: PB Perbakin berharap pada jatah 'wildcard' Olimpiade 2020
Baca juga: Dua emas pijakan Vidya Rafika menuju Olimpiade Tokyo

Mantan Ketua Pengprov Perbakin Jawa Timur itu menjelaskan, upaya untuk menambah kuota tidak hanya melalui kejuaraan kualifikasi yang sudah dijadwalkan, namun juga dilalukan dengan cara lain seperti mengajukan wild card.

Hanya saja, menurut Justian, upaya untuk mendapatkan wild card tidak dikabulkan oleh ISSF karena jatah yang ada diberikan kepada atlet menembak dari negara-negara yang sedang mengalami konflik.

"Kebijakan ISSF memberikan jatah wild card kepada petembak dari negara yang konflik itu patut dimaklumi. Sebab, ISSF menjadikan cabang olahraga menembak bukan hanya mengejar prestasi tetapi sebagai sarana untuk kampanye perdamaian dunia," kata Justian menegaskan.

Baca juga: Vidya Rafika tak kecewa dengan penundaan Olimpiade
Baca juga: Membidik emas di Negeri Sakura


Vidya Rafika Rahmatan Thayiba merupakan atlet menembak muda yang bakal turun di nomor Air Rifle Match dan 3 position 50 meter putri kejuaraan empat tahunan yang pelaksanaannya mundur satu tahun dari jadwal semula.

Tiket lolosnya atlet kelahiran 27 Mei 2001 itu didapat saat turun di Kejuaraan Menembak Asia di Qatar 2019. Setelah itu rentetan prestasi terus raih termasuk raihan dua emas pada SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Berikut data singkat Vika Rafika :

Nama : Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba
Panggilan : Vika
Lahir : Depok, Jawa Barat, 27 Mei 2001
Prestasi :
- SEA Games 2019 Filipina ( satu emas Air Rifle Women, satu emas Air Rifle Mix)
Asian Shooting Championships Qatar 2019 (lolos Olimpiade Tokyo 2020)
- SEASA 2019, Indonesia (dua emas)
- Asian Games 2018
- SEASA 2017, Malaysia (satu perak, 1 perunggu)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021