Jakarta (ANTARA) - Standard Chartered Bank Indonesia atau Standard Chartered memasarkan reksa dana Manulife Saham Syariah Golden Asia Dolar AS atau MAGOLD yang merupakan reksa dana syariah kelolaan PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI).

“MAGOLD menawarkan peluang untuk diversifikasi investasi bagi investor Indonesia di dua pasar besar di Asia yaitu China dan India dalam satu produk reksa dana,” kata Presiden Direktur Interim MAMI Afifa dalam konferensi pers daring di Jakarta, Kamis.

Afifa mengatakan reksa dana MAGOLD merupakan reksa dana saham syariah offshore terbaru yang dikelola oleh MAMI dengan menawarkan peluang investasi dari dua perekonomian terbesar di kawasan negara berkembang yaitu China dan India.

Afifa menjelaskan MAGOLD mengalokasikan 80 persen sampai 100 persen dari aset yang dikelola untuk diinvestasikan di instrumen saham syariah di China dan India.

Kemudian juga 0 persen sampai 30 persen di instrumen pendapatan tetap, sukuk, atau pasar uang yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

“Sesuai tolak ukurnya MAGOLD akan mengalokasikan sekitar 70 persen dari aset yang dikelola pada kawasan China dan 30 persen di India,” ujarnya.

Cluster CEO, Indonesia & ASEAN Markets (Australia, Brunei & the Philippines) Standard Chartered Andrew Chia mengatakan dalam beberapa tahun terakhir pihaknya menambah lebih banyak produk investasi untuk para nasabah.

Ia menyebutkan dalam tiga bulan terakhir pada periode November 2020 hingga Januari 2021 pihaknya melihat minat para nasabah terhadap produk reksa dana dengan denominasi dolar AS baik onshore maupun offshore terus mengalami peningkatan.

Ia menjelaskan volume penjualan reksa dana dengan denominasi dolar AS meningkat secara signifikan sebesar 52 persen di periode yang sama sedangkan volume penjualan reksa dana offshore meningkat sebesar 38 persen.

Oleh sebab itu, Andrew optimis MAGOLD menjadi salah satu pilihan investasi yang menarik bagi para nasabah Standard Chartered.

“Khususnya nasabah yang berminat untuk berinvestasi dalam mata uang dolar AS sekaligus ingin melakukan diversifikasi portfolio dengan memanfaatkan peluang pertumbuhan di China dan India,” tegasnya.

Tak hanya itu, Andrew mengatakan nasabah Standard Chartered dapat berinvestasi di reksa dana MAGOLD melalui aplikasi SCMobile baik transaksi subscription, switching, maupun redemption.

Selain MAGOLD, dua reksa dana saham syariah offshore kelolaan MAMI lainnya yang tersedia di Standard Chartered adalah Manulife Saham Syariah Global Dividen Dolar AS (MANSYAG) dan Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS (MANSYAF).

MANSYAG adalah reksa dana global dengan fokus investasi pada Amerika Serikat dan Eropa dengan keunggulan memiliki fitur pembagian hasil investasi dan potensi distribusi penghasilan setiap enam bulan.

Sementara portofolio MANSYAF terdiversifikasi dengan berinvestasi pada saham-saham di berbagai negara di kawasan Asia Pasifik khususnya di Asia Utara.

Kemudian reksa dana denominasi dolar AS kelolaan MAMI lainnya yang tersedia di Standard Chartered adalah Manulife Greater Indonesia Fund (MGIF) dan Manulife USD Fixed Income (MANUFIX) yang merupakan reksa dana onshore.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021