BMKG peringatkan sejumlah provinsi siaga banjir

BMKG peringatkan sejumlah provinsi siaga banjir

Pengendara motor melaju di atas jembatan Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/2/2021) ANTARA/Arif Firmansyah.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi dampak hujan lebat untuk banjir yang dapat terjadi di beberapa provinsi mulai Jumat (19/2) pukul 07.00 WIB hingga Sabtu (20/2).

"Peringatan siaga dampak banjir sebagai dampak hujan lebat dikeluarkan untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Utara," kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: BPBD DKI kembali ingatkan warga bantaran sungai waspadai banjir

Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Jawa Barat adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor, dan Kabupaten Sumedang.

Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Jawa Tengah adalah Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, dan Kota Pekalongan.

Baca juga: Walhi Sumsel ingatkan pemda waspada bencana hidrometeorologi

Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Jawa Timur adalah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kota Probolinggo, Kabupaten Jember, dan Kota Pasuruan.

Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Bali adalah Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Bangli. Sedangkan Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Sulawesi Utara adalah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Baca juga: Skenario cuaca terburuk berlangsung, waspada bencana hidrometeorologi

Selain mengeluarkan peringatan status siaga banjir sebagai dampak hujan lebat, BMKG juga mengeluarkan peringatan status waspada untuk beberapa daerah.

Provinsi dengan peringatan status waspada adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemprov Babel naikan status kebencanaan di siaga satu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar