Liga Europa

Penalti Barisic amankan kemenangan 4-3 Rangers di kandang Antwerp

Penalti Barisic amankan kemenangan 4-3 Rangers di kandang Antwerp

Pemain Rangers Borna Barisic mengeksekusi penalti ke gawang Royal Antwerp pada pertandingan 32 besar Liga Europa yang dimainkan di Stadion Bosuil, Antwerp, Kamis (18/2/2021). (ANTARA/AFP/DIRK WAEM)

Jakarta (ANTARA) - Pemain bertahan Borna Barisic mengemas gol melalui titik penalti untuk mengamankan kemenangan 4-3 Rangers di kandang Royal Antwerp, pada pertandingan leg pertama 32 besar Liga Europa yang dimainkan di Stadion Bosuil, Antwerp, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

Kemenangan itu memudahkan langkah klub Skotlandia asuhan Steven Gerrard itu untuk menatap leg kedua yang akan dimainkan pada Kamis (25/2) mendatang, demikian catatan laman resmi UEFA.

Rangers memecah kebuntuan pada menit ke-39 melalui gol Joe Aribo yang memanfaatkan assist Alfredo Morelos. Keunggulan Rangers bertahan sampai menit ke-45, saat tandukan Felipe Avenatti meneruskan umpan silang Lior Refaelov bersarang di gawang tim tamu.

Antwerp bahkan menutup babak pertama sebagai tim yang unggul setelah mereka mendapat hadiah penalti pada menit ke-45+8. Pelanggaran yang dilakukan Steven Davis terhadap Refaelov membuat wasit menunjuk titik putih setelah melakukan tinjauan VAR, dan eksekusi penalti dilakukan dengan sempurna oleh Refaelov untuk membawa timnya berbalik memimpin.

Tim tamu kemudian menyamakan kedudukan juga melalui penalti pada menit ke-59. Ritchie De Laet dinyatakan melanggar Alfredo Morelos di kotak terlarang. Sebagaimana pada penalti Refaelov, wasit mengonfirmasinya dengan melakukan tinjauan VAR, dan eksekusi dapat dilakukan dengan sempurna oleh Barisic.
Antwerp merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-63. Kali ini Martin Hongla mendapat operan dari Refaelov dan menutupnya dengan sepakan melengkung tanpa dapat diantisipasi kiper Allan McGregor.

Namun Rangers berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 melalui gol Ryan Kent memanfaatkan assist Morelos pada menit ke-83. Kemudian handball yang dilakukan Hongla di kotak terlarang timnya membuat mereka dihukum penalti. Sebagaimana penalti pertama, pada penalti keduanya Barisic juga mampu melakukannya tanpa kesalahan untuk mengamankan kemenangan Rangers.

Hoffenheim ditahan imbang 3-3 di markas Molde

Pertandingan antara Molde menjamu Hoffenheim juga menghasilkan banyak gol, yakni berakhir dengan skor 3-3.

Hoffenheim unggul dua gol terlebih dahulu pada pertandingan tersebut, melalui gol-gol Munas Dabbur pada menit kedelapan dan ke-28. Sebelum babak pertama usai, Martin Englisen memperkecil ketertinggalan timnya pada menit ke-41.

Tetapi Hoffenheim merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-45+3 melalui gol Cristoph Baumgartner.

Sayangnya tim Jerman itu gagal mempertahankan keunggulan tersebut sampai laga usai. Selain penalti Munas Dabbur yang gagal memperbesar keunggulan, Molde mampu mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan berkat golEirik Ulland Andersen pada menit ke-70 dan David Datro Fofana pada menit ke-74.

Pada pertandingan lainnya, semifinalis musim lalu Shaktar Donetsk mendulang kemenangan 2-0 di markas Maccabi Tel Aviv. Kedua gol tim Ukraina itu disumbangkan oleh Alan Patrick pada menit ke-31 dan Tete pada menit ke-93.

Baca juga: Arsenal kantongi hasil imbang 1-1 dari lawatan ke markas Benfica
Baca juga: Granada hantam Napoli dengan kemenangan dua gol tanpa balas
Baca juga: Villarreal menang 2-0 dalam lawatan ke markas RB Salzburg
Baca juga: Ajax bawa bekal keunggulan 2-1 setelah pecundangi Lille
Baca juga: Leicester imbang 0-0 lawan Slavia, PSV takluk di tangan Olympiakos

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar