Microsoft umumkan Office 2021, tersedia akhir tahun ini

Microsoft umumkan Office 2021, tersedia akhir tahun ini

Dokumentasi - Logo Microsoft terlihat di Los Angeles, California A.S. pada Selasa (7/11/2017). ANTARA/REUTERS/Lucy Nicholson/am.

Jakarta (ANTARA) - Microsoft mengumumkan dua versi baru Office, yaitu versi Office 2021 untuk konsumen dan Office LTSC untuk pelanggan komersial.

Dikutip dari The Verge, Jumat, Office 2021 akan tersedia akhir tahun ini untuk Windows dan macOS, dan mirip dengan rilis Office 2019 sebelumnya, Office 2021 dirancang untuk mereka yang tidak ingin berlangganan varian Microsoft 365 yang didukung cloud.

Microsoft belum sepenuhnya merinci semua fitur dan perubahan di Office 2021, tetapi varian Office LTSC (Long-Term Servicing Channel) akan menyertakan hal-hal seperti dukungan mode gelap, peningkatan aksesibilitas dan fitur seperti Dynamic Arrays dan XLOOKUP di Excel. Office 2021 akan menyertakan fitur serupa.

Baca juga: Microsoft akui kekurangan pasokan Xbox Series X

Baca juga: Serangan siber terburuk AS masuk via vendor Microsoft


Mode gelap adalah perubahan yang jelas secara visual, namun Microsoft akan tetap memfokuskan sebagian besar antarmuka dan fitur yang didukung cloud pada versi Microsoft 365 Office terlebih dahulu.

Office LTSC adalah pengakuan yang jelas dari Microsoft bahwa tidak semua pelanggan bisnisnya siap untuk beralih ke cloud.

"Ini hanya masalah mencoba bertemu pelanggan di mana pun mereka berada," ujar kepala Microsoft 365, Jared Spataro.

"Kami pasti memiliki banyak pelanggan yang telah beralih ke cloud selama 10 bulan terakhir, itu benar-benar terjadi secara massal. Pada saat yang sama, kami pasti memiliki pelanggan yang memiliki skenario tertentu di mana mereka merasa tidak dapat pindah ke cloud," dia melanjutkan.

Office LTSC saat ini hanya akan didukung selama lima tahun, bukan tujuh tahun yang biasanya disediakan Microsoft untuk Office.

Harga untuk Office Professional Plus, Office Standard dan aplikasi individu juga meningkat 10 persen untuk pelanggan komersial, sementara harga konsumen Office 2021 dan bisnis kecil tetap sama.

Microsoft kini berencana untuk merilis pratinjau Office LTSC pada April, dengan rilis penuh akhir tahun ini. Varian konsumen Office 2021 tidak akan tersedia dalam pratinjau. Kedua varian Office baru tersebut juga akan dikirimkan dengan OneNote dan menyertakan versi 32-bit dan 64-bit.

Baca juga: Microsoft Edge kini punya "Kids Mode"

Baca juga: Microsoft mulai program bantu buat game untuk penyandang disabilitas

Baca juga: Microsoft, Google cs hentikan sementara donasi politik

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden berencana buat regulasi terkait data center

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar