Tiga pintu air berstatus siaga II warga Jakarta diimbau waspada

Tiga pintu air berstatus siaga II warga Jakarta diimbau waspada

Warga berjalan melintasi banjir yang merendam kawasan RW 5, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, Kamis (18/2/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.

Memang beberapa hari diprediksi akan agak ekstrem
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau masyarakat di bantaran sungai untuk siaga banjir, seiring meningkatnya tinggi muka air menjadi level siaga II di tiga pintu pos pantau, yakni Karet, Pasar Ikan dan Sunter Hulu.

Dilansir dari akun Twitter resmi @BPBD DKI Jakarta, Jumat, data ketinggian air tersebut hingga pukul 06.00 WIB dan cuaca masih gerimis yakni untuk Pos Pantau Karet setinggi 570 sentimeter (cm) kondisi cuaca di lokasi masih gerimis.

Untuk ukuran normal ketinggian muka air di Pos Pantau Karet mencapai di bawah 400 cm.

Adapun wilayah yang perlu melakukan antisipasi, Grogol, Jati Pulo, Karet Tengsin, Kota Bambu Utara, Kota Bambu Selatan, Petamburan dan Tomang.

Tinggi muka air Pos Pasar Ikan setinggi 204 cm, kondisi cuaca masih gerimis. Untuk ukuran normal ketinggian muka air di Pos Pasar Ikan mencapai di bawah 167 cm.

Baca juga: Cipinang Hulu siaga III, warga diimbau waspada

Adapun wilayah yang perlu melakukan antisipasi, imbuh BPBD DKI yakni, Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru.

Selanjutnya tinggi muka air di Pos Sunter Hulu setinggi 230 cm, kondisi cuaca di lokasi masih hujan.

Untuk ukuran normal ketinggian muka air di Pos Pantau Sunter Hulu mencapai 100 cm.

Adapun sejumlah wilayah yang diminta waspada terkait kenaikan tinggi muka air di Pintu Air di Pos Pantau Sunter Hulu yakni Bambu Apus, Cilangkap, Pondok Ranggon, Setu Lubang Buaya, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cipinang.

Selanjutnya wilayah, Cipinang Melayu, Cipinang Muara, Duren Sawit, Jatinegada Kaum, Kayu Putih, Pulo Gadung, Sumur Batu, Kepala Gading Barat.

Baca juga: 11 wilayah RW di Jakarta Barat tergenang air hujan

Kemudian, Kelapa Gading Timur, Kebon Bawang, Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara dan Sungai Bambu.

Hujan telah mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak Kamis (18/2), hujan masih berlangsung hingga Jumat.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat serta aparat bersiaga menghadapi prediksi banjir oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) pada 19-20 Februari 2021 mendatang.

"Memang beberapa hari diprediksi akan agak ekstrem. Masyarakat kami minta siap siaga, aparat siap siaga, kami juga sama-sama mempersiapkan, cuaca ini memang harus kita hadapi dengan bijak, tenang, sabar, kita sinergi positif, kolaborasi, itulah tugas kita melakukan pencegahan," kata Riza di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2, sembilan kawasan Jakarta waspada banjir

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tebing turap di Batuampar amblas akibat luapan banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar