Korpaskhas latihan terjun payung di tengah pandemi COVID-19

Korpaskhas latihan terjun payung di tengah pandemi COVID-19

Sejumlah penerjun dari Korps Pasukan Khas TNI AU menjalani latihan terjun payung di Lanud El Tari Kupang, NTT, Jumat (19-2-2021). Latihan terjun payung yang diikuti oleh 24 personel Korpaskhas itu bertujuan untuk menyakinkan bahwa pihaknya siap untuk mengamankan wilayah NTT yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

'Free fall' merupakan latihan penyegaran untuk menjaga kesehatan prajurit pada masa pandemi COVID-19.
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 24 prajurit Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI Angkatan Udara, Lanud El Tari Kupang, mengelar latihan terjun payung taktis dan free fall di atas langit kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat.

Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Pnb. Bambang Juniar Djatmiko kepada wartawan di Kupang mengatakan bahwa terjun taktis dan free fall tersebut merupakan latihan penyegaran untuk menjaga kesehatan prajurit pada masa pandemi COVID-19.

"Jadi, latihan terjun payung ini adalah latihan penyegaran yang dilakukan oleh Korpaskhas dan kebetulan lokasinya hari ini ada di Lanud El Tari Kupang," katanya.

Dari 24 penerjun tersebut, sebanyak 19 personel di antaranya adalah penerjun taktis, sedangkan lima orang lagi adalah penerjun free fall.

Baca juga: Kasau: Korpaskhas harus mampu hadapi ancaman persenjataan Nubika


Latihan terjun payung dan free fall itu menggunakan pesawat Hercules A-1337 milik TNI Angkatan Udara yang juga sering untuk latihan terjun payung.

Pantauan ANTARA sebelum puluhan personel prajurit Korpaskhas itu mengelar latihan terjun payung bersama, mereka melakukan tes cepat antigen kepada kru pesawat dan kepada para penerjun.
Seorang pelatih sedang memeriksa kesiapan kelengkapan seorang personel Korps Pasukan Khas TNI AU yang akan menjalani latihan terjun payung di Lanud El Tari Kupang, NTT, Jumat (19-2-2021). Latihan terjun payung yang diikuti oleh 24 personel Korpaskhas itu bertujuan untuk menyakinkan bahwa pihaknya siap untuk mengamankan wilayah NTT yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.


Selain bagian dari latihan penyegaran untuk menjaga kebugaran, kata Danlanud, latihan bersama itu juga bagian menyiapkan para prajurit untuk selalu siap siaga.

Di samping itu juga pelaksanaan terjun payung itu bertujuan untuk menyakinkan bahwa pihaknya siap untuk mengamankan wilayah NTT yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia.

Latihan terjun payung pada masa pandemi ini, lanjut dia, para prajurit tetap menerapkan protokol kesehatan, mulai dari menjaga jarak dan menggunakan masker serta mencuci tangan.

Sementara itu Pabandyapam Satuan Intel Korpaskhas Letkol Pas Alpin J.L. Tobing mengatakan bahwa latihan terjung payung itu tidak hanya di Kota Kupang, tetapi juga dilakukan secara bergilir.

"Kegiatan ini dilakukan di seluruh wilayah jajaran Kopaskhas dari wilayah Indonesia barat sampai dengan timur. Kemarin kami lakukan di Makasar, kemudian ke Kupang berikutnya kami akan berangkat ke Bima," katanya.

Baca juga: Korps Pasukan Khas TNI AU agar selalu jaga kehormatan satuan

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar