Jakarta (ANTARA) - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mendorong pemerintah untuk segera mengimplementasikan Program Langit Biru dan mereduksi gas karbon, sebagaimana janji Presiden Jokowi pada Protokol Paris 2015 silam.

Untuk merealisasikan hal itu, Tulus mendesak agar penggunaan jenis BBM ramah lingkungan (berstandar Euro 2) menjadi suatu keharusan. Apalagi, saat ini sektor transportasi darat di Indonesia tercatat sebagai penyumbang 75 persen polusi udara yang terjadi.

"Penggunaan sepeda motor saat ini bahkan hingga ke gang kecil. Itu menyebabkan polusi udara dan juga polusi suara," kata Tulis dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Greenpeace sebut langit biru tidak jamin bebas polusi udara

Tulus mengajak seluruh pemangku kepentingan memiliki visi yang sama untuk secara konsisten mewujudkan dan menggunakan BBM ramah lingkungan.

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah diharapkan sejalan mendorong kebijakan BBM yang ramah lingkungan, yang digagas oleh Kementerian LHK. Selain itu, kendaraan di Jakarta didorong untuk tidak lagi menggunakan BBM dengan oktan rendah.

"Terlebih lagi Indeks Kualitas Udara (Air Quality Index/AQI) di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta terus menurun," kata dia.

Baca juga: Program Langit Biru dinilai tingkatkan kualitas kesehatan pekerja

Tulus menyebutkan AQI Jakarta saat ini skornya 175 yang masuk kategori tidak sehat.Padahal menurut Tulus, pada 2017 Pemerintah sebenarnya telah membatas penggunaan BBM jenis premium di Jawa, Bali dan Madura sesuai rekomendasi Tim Reformasi Mafia Migas yang dibentuk Presiden Jokowi.

Namun sayangnya, pada 2018 kembali dianulir karena kepentingan politik jangka pendek.

Pada kesempatan yang sama, Sales Area Manager Retail Wilayah Jakarta Bogor Depok Fande Kusmiyanto mengatakan, saat ini Pertamina telah menyediakan BBM dengan kualitas lebih baik dan ramah lingkungan yang siap dikonsumsi oleh masyarakat seluruh Indonesia.

Ia mengungkapkan Pertamina secara aktif melakukan edukasi bagi konsumen mengenai BBM ramah lingkungan.

Pertamina juga memberikan pengalaman mengkonsumsi BBM dengan kualitas lebih baik melalui program langit biru.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021