Kemenparekraf siapkan agenda musik internasional di Ambon

Kemenparekraf siapkan agenda musik internasional di Ambon

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Ambon, Jumat (19/2/2021). (ANTARA)

Jadi bukan hanya festival internasional yang kita rencanakan, tapi juga konferensi musik baik yang berskala nasional maupun internasional
Ambon (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menyiapkan agenda musik berskala internasional di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, siap mendukung penyelenggaraan agenda musik berskala internasional di daerah itu.

"Kemenparekraf siap mendukung penyelenggaraan 'event' musik berskala internasional di Ambon yang adalah Kota Musik Dunia versi UNESCO," katanya dalam rilis yang diterima di Ambon, Jumat.

Kemenparekraf pada prisnipnya siap membantu serta mengakomodasi kegiatan yang diselenggarakan daerah, terlebih pada kegiatan yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Saya minta Deputi Bidang Pengembangan Produk dan Event, untuk segera mencari, membuat, dan melaksanakan 'event' berskala internasional di Ambon," kata dia.

Baca juga: Kota musik dunia bisa disandang Ambon, sebut direktur Unesco

Deputi Bidang Pengembangan Produk dan Event Kemenparekraf Rizky Handayani mengatakan selain kegiatan festival berskala internasional, pihak kementerian juga berencana mengadakan konferensi musik di Kota Ambon.

"Jadi bukan hanya festival internasional yang kita rencanakan, tapi juga konferensi musik baik yang berskala nasional maupun internasional," kata dia.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menambahkan Pemkot Ambon berupaya mewujudkan obsesi UNESCO terkait dengan penyelenggaraan agenda musik berskala internasional di daerah setempat.

Selain program wisata musik sebagai agenda internasional di Kota Ambon, dalam waktu dekat juga akan dibangun Youth Creative Hub yang anggaran pembangunan dialokasikan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendorong pengembangan Ambon City Music, dengan membangun Ambon City of Music Center.

"'Ambon City of Music Center termasuk di dalamnya sekolah dan asrama yang bertujuan untuk mengembangkan potensi anak muda," kata dia.

Baca juga: AMO paparkan pencapaian program kota musik dunia
Baca juga: Industri musik kota Ambon dipromosikan ke dunia internasional
Baca juga: Indonesia ajukan Ambon sebagai kota musik dunia

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Musrenbang Ambon fokus wujudkan pembangunan kota yang dinamis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar