Motorsport

Sean Gelael bawa tim JOTA juara di Abu Dhabi

Sean Gelael bawa tim JOTA juara di Abu Dhabi

Pebalap Indonesia Sean Gelael (kanan) bersama pebalap asal Inggris Tom Blomqvist (kiri) mengangkat tropi setelah membawa tim JOTA Sport menjadi juara pada ajang Asian Le Mans Series (ALMS) 2021 seri tiga di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (19/2/2021). ANTARA/HO-Tim JOTA Sport.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Sean Gelael bersama pebalap asal Inggris Tom Blomqvist membawa tim JOTA Sport menjadi juara pada ajang Asian Le Mans Series (ALMS) 2021 seri tiga di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat malam.

Pada balapan kelas bergengsi yakni LMP2, Sean Gelael menggunakan kendaraan Oreca 07 dan podium pertama yang diraih di Yas Marina merupakan yang pertama setelah pada seri pertama di Dubai Autodrome harus puas dengan finis posisi dua.

Di Yas Marina, tim yang didukung Pertamina dan BNI ini sukses mematahkan dominasi tim G-Drive Racing yang pada balapan ketahanan ini menurunkan dua tim. Pada seri tiga ALMS 2021 pebalap tim asal Rusia itu harus puas di posisi dua dan tiga.

Baca juga: Sean Gelael gacoan tim Jota di pekan pertama Asian Le Mans Series

Mengawali balapan dari posisi enam setelah sebelumnya tidak memaksimalkan dua latihan bebas karena Tom Blomqvist mengalami kecelakaan, tim JOTA Sport lewat Tom langsung menggebrak. Meski tampil 50 menit langsung mampu memimpin perlombaan.

Setelah itu kemudi dipegang oleh Sean Gelael. Pebalap Jagonya Ayam itu tampil dominan yaitu tiga jam 10 menit pada balapan yang bertajuk 4 Hours of Abu Dhabi itu.

Ketika Sean ambil alih kemudi, posisi masih di nomor satu meski sempat turun ke nomor dua. Namun, itu kemudian diperbaiki oleh Sean hingga dia kembali ada di posisi terdepan. Tekanan dari pebalap lain seperti Rene Binder dari tim G-Drive #26 terjadi di sepanjang perlombaan.

Baca juga: Sean Gelael rebut podium dua seri pembuka Asian Le Mans Series 2021
Baca juga: Duet Sean Gelael/Stoffel Vandoorne tambah delapan poin untuk tim JOTA


Tekanan juga datang dari rekan tim Binder yaitu Ferdinand Habsburg (Austria), dan terakhir Yifei Ye (China). Beruntung Sean Gelael tampil konsisten hingga finis meski banyak dinamika terjadi di lintasan balap.

"Balapan yang sangat melelahkan. Ini kerja keras semuanya, Tom dan juga tim JOTA punya andil besar. Saya tak bisa menang tanpa mereka. Terima kasih untuk semua yang telah mendukung saya dan tim," kata Sean Gelael dalam keterangan resminya.

Setelah tampil apik di seri tiga, Sean Gelael dan tim bakal kembali unjuk kemampuan pada seri empat di tempat yang sama, Sabtu.

Baca juga: Sean Gelael beralih ke WEC bersama tim JOTA

Berikut klasemen sementara ALMS 2021 (Kelas LMP2)

1. G-Drive #26 - 68 poin
2. JOTA #28 - 51 poin
3. G-Drive #25 - 48 poin
4. Phoenix Racing #5 - 40 poin
5. Racing Team India #64 - 34 poin

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pebalap Vandoorne dan Sean Gelael antusias sambut Formula E di Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar