Jakarta (ANTARA) - Layanan edu-tech Ruangguru membagi sejumlah kiat bagi para pencari kerja, khususnya fresh graduate, agar dapat segera mendapatkan pekerjaan di masa pandemi COVID-19. Berikut ulasannya berdasarkan keterangan yang diterima ANTARA, Sabtu.

Upgrade kemampuan
Meskipun belum mendapat pekerjaan, jangan cepat puas dengan modal ijazah saja, tetapi justru sekarang adalah saat yang baik untuk meng-upgrade kemampuan Anda.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan selagi menunggu panggilan pekerjaan, misalnya mengikuti pelatihan yang belum pernah didapatkan pada saat di bangku kuliah.

Mengikuti pelatihan membantu untuk mengasah kemampuan dan menambah keterampilan di bidang yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin bekerja di bidang digital marketing, Anda bisa mengikuti pelatihan di platform online yang menyediakan kursus skill tertentu.

Ikutilah pelatihan yang dapat memberikan ilmu dan keterampilan baru. Dengan begitu, Anda akan semakin menonjol ketika melamar pekerjaan impian.

Membangun relasi
Meskipun di rumah saja, jangan lupa untuk membangun relasi. Bina hubungan baik dengan para alumni, dosen, kenalan, dan saudara yang dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan.

Anda juga bisa memperkaya relasi melalui platform LinkedIn. Anda akan menemukan banyak informasi lowongan kerja melalui profil HRD perusahaan.

Perbaiki CV
CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen penting yang menggambarkan diri Anda, dan merupakan hal pertama yang akan dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan.

Perusahaan akan melihat dan mendapat kesan pertama melalui CV yang dilampirkan. Oleh karena itu, CV menjadi sangat krusial karena itu adalah dokumen yang menggambarkan diri.

Periksa kembali CV Anda, apakah sudah efektif mengkomunikasikan diri atau belum. Buatlah CV dengan visual yang menarik dan tampilkan informasi agar mudah dicerna bagi pembaca. Lampirkan hal-hal penting yang dapat menjual diri Anda seperti skill, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman bekerja.

Jika Anda memiliki sertifikat yang dapat menunjang diri di bidang pekerjaan yang Anda lamar, dapat dimasukkan sebagai nilai plus.

Up to date dengan berbagai informasi lowongan kerja
Pastikan Anda selalu mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya seputar info lowongan pekerjaan melalui berbagai platform lowongan pekerjaan atau situs web perusahaan, dan media sosial.


Baca juga: Ingin berkontribusi sebagai relawan? Simak 4 tips ini

Baca juga: Ruangguru raih 22 juta pengguna sepanjang 2020

Baca juga: Teknologi AI bisa dorong pengalaman belajar secara digital

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021