Jakarta (ANTARA) - Banjir akibat luapan Kali Mampang terjadi di Jalan Pondok Jaya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, menyebabkan akses jalan dari Jalan Mampang IV menuju Pondok Jaya ke arah Kemang tertutup, Sabtu.

Pantauan ANTARA di pukul 10.49 WIB, air berarus deras meluap dari Kali Mampang masuk ke Jalan Pondok Jaya.

Luapan Kali Mampang ini menggenangi pemukiman warga di wilayah Pondok Jaya dengan ketinggian air mencapai dua meter.

Menurut Sumadi (54) warga yang tinggal di bantaran Kali Mampang, air sudah naik dari pukul 01.00 WIB, ketinggian 30 sentimeter (cm).
"Siang makin parah sudah 60 cm, saya terpaksa mengungsi," kata Sumadi.

Menurut Sumadi, banjir kali ini cukup parah, karena sudah meluap sampai jembatan Pondok Jaya. "Biasanya kan enggak sampai kerendam jembatannya," kata Sumadi.

Baca juga: Satpol PP evakuasi warga terjebak banjir di Joglo
Baca juga: Anies: Curah hujan ekstrem penyebab banjir Jakarta
Tumpukan sampah akibat banjir di Jalan Pondok Jaya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Air terus meluap dari Kali Mampang. Untuk berjalan menuju Pondok Jaya harus hati-hati karena arus air cukup deras dapat membuat tergelincir.

Petugas dari BPBD DKI dan Baznas bersiaga di lokasi menggunakan perahu karet mengevakuasi warga ke Masjid Khusnul Khotimah.

Di wilayah Pondok Jaya juga terdapat rumah Raja Dangdut Rhoma Roma. Menurut informasi warga ketinggian air sudah menutup jalan rumah pedangdut tersebut.

Rhoma tinggal bersama istrinya, Rika Rahim, masih bertahan di rumah, karena kondisi air masih setinggi mata kaki di dalam rumah.

Menurut warga, luapan juga disebabkan beberapa tanggul di Kali Mampang jebol.
Baca juga: PLN Jakarta kawal pasokan listrik di wilayah terdampak banjir
Baca juga: Ratusan warga mengungsi akibat banjir di Meruya Utara

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan dan Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021