Pelantikan Gibran-Teguh direncanakan secara virtual Jumat

Pelantikan Gibran-Teguh direncanakan secara virtual Jumat

Plh Wali Kota Surakarta Ahyani saat memberikan keterangan di Solo. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, direncanakan digelar secara virtual di Balai Tawangngarum Kantor Balai Kota Surakarta, pada Jumat (26/2).

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Surakarta, Ahyani, di Solo, Sabtu, mengatakan, acara pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta terpilih dilaksanakan secara virtual untuk menerapkan protokol kesehatan, dan dijadwalkan digelar di Balai Kota Surakarta, pada tanggal 26 Februari mendatang.

"Kami menerima pemberitahuan itu, dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk melaksanakan gladi bersih acara pelantikan," kata Ahyani, yang juga menjabat sebagi Sekda Kota Surakarta itu.

Namun, kata dia, acara pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih secara teknis masih menunggu surat resmi dari Pemprov Jateng.

Pihaknya soal acara pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih memang tidak ada persiapan khusus. Acara ini, sudah rutin dilaksanakan setiap pesta demokrasi lima tahun sekali.

Pada acara pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih tahun ini, kata dia, masih dalam suasana pandemi COVID-19 sehingga digelar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi tahun yang hadir.

Panitia acara pelantikan rencana membatasi tamu undangan untuk menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi ini. Jumlah peserta yang hadir dalam pelantikan dibatasi maksimal 25 orang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta sebeluamnya telah menetapkan pasangan Gibran-Teguh sebagai pemenang Pilwakot Surakarta 2020. Gibran-Teguh akan menggantikan pejabat lama, F.X. Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo, yang sudah purna tugas, pada tanggal 17 Februari 2021.

Pilkada Surakarta yang digelar pada tanggal 9 Desember 2020 telah dimenangkan oleh pasangan Gibran-Teguh, yang memperoleh kemenangan hingga 86,5 persen. Sedangkan rivalnya, pasangan independen, Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo hanya mendapat suara 13,5 persen dari suara sah dalam pemilihan. 

Baca juga: Aturan usia pengunjung dilonggarkan, kunjungan mal di Surakarta naik
Baca juga: Wali Kota Surakarta nilai wacana Gibran ikut Pilkada DKI terlalu dini

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar