Halte TJ Jamsostek-Gatot Subroto LIPI ditutup sementara

Halte TJ Jamsostek-Gatot Subroto LIPI ditutup sementara

Dokumentasi - Warga berjalan di dekat Halte Bus Transjakarta Tosari lama di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (6/1/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Jakarta (ANTARA) - Halte TransJakarta Jamsostek dan Halte Gatot Subroto LIPI di Jakarta Selatan untuk sementara ditutup akibat jalanan banjir.

"Untuk mengantisipasi kondisi genangan
 di Jalan Gatot Subroto, LIPI," ujar Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Prasetia Budi di Jakarta, Sabtu.

Prasetia menjelaskan sementara untuk mengantisipasi kepadatan jalur Koridor 9 
TransJakarta arah Pluit dilakukan pengalihan melalui tol Jamsostek keluar Semanggi.

Sedangkan untuk TransJakarta arah Pinang Ranti cenderung normal. "Petugas kami di lapangan ikut mengatur lalu lintas," ujar dia.

Sebelumnya, sejumlah koridor TransJakarta stop beroperasi sementara waktu akibat hujan berintensitas tinggi sejak Sabtu dini hari yang mengakibatkan banjir di sejumlah ruas jalan di Jakarta.

Tingginya banjir di sekitar Jalan Mayjen Sutoyo, Pejaten dan sekitar Kampung Rambutan berdampak pada disetopnya sejumlah rute layanan TransJakarta untuk sementara waktu.

"Beberapa layanan yang terpaksa stop beroperasi sementara mengingat kondisi genangan air yang tidak memungkinkan untuk dilintasi armada," ujar Prasetia Budi.

Baca juga: TransJakarta alihkan lima layanan Mikrotrans akibat genangan air
Bus Transjakarta melaju di dekat Halte Bus Transjakarta Tosari lama di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (6/1/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Rinciannya pada Sabtu pukul 12.00 WIB rute normal sebanyak 24, rute stop operasi ada empat dan rute yang dialihkan ada empat.

Adapun rincian rute BRT dan Non BRT TransJakarta dalam kondisi banjir sebagai berikut :

Koridor 1, 2, 3, 4 dan 5 beroperasi normal. Sedangkan Koridor 6 stop operasi untuk sementara karena ada titik banjir di sekitar Pejaten.

Adapun rute TransJakarta Koridor 7 hanya sampai Tanah Merdeka karena ada banjir di sekitar Terminal Kampung Rambutan.

Koridor 8 dan 9 beroperasi normal. Sedangkan Moridor 10 ada pengalihan dan perpendekan karena ada titik banjir di sekitar Sutoyo. Terakhir, berdasarkan informasi dari petugas di lapangan Koridor 11, 12 dan 13 beroperasi normal.

Tentang rute non BRT, dijelaskan, Rute 1C (Blok M - Pesanggrahan) stop operasi karena ada titik banjir di Jalan Ciledug Raya.

Rute 5M (Kampung Melayu-Tanah Abang) juga stop operasi berhubung ada genangan air di depan pool Kampung Rambutan sehingga bus tidak bisa keluar.

Akibatnya rute 7B juga mengalami perpendekan rute, karena titik banjir di Terminal Kampung Rambutan itu.

Baca juga: Petugas TransJakarta dan polisi gagalkan pemuda mau bunuh diri
Warga menggunakan masker saat menuju halte TransJakarta Setiabudi Utara Aini, Jakarta, Jumat (11/12/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Rute 7P (Pondok Kelapa-BKN) normal namun diberlakukan lawan arus (contraflow) karena ada titik banjir di Jalan Sutoyo.

Rute 1M (Blok M-Meruya) mengalami pengalihan rute karena ada titik banjir di sekitar Meruya. Rute 7A (Kampung Rambutan-Lebak Bulus) stop operasi akibat titik banjir di sekitar Deptan.

Info rute lainnya, yakni:
10K (Tanjung Priok-Senen), 11D (Pulo Gebang-Pulo Vadung), 1A (PIK-Balai kota), 1E (Pondok Labu-Blok M), 1Q (Rempoa-Blok M), 2P (Gondangdia-Senen), 2Q (Tanah Abang-Gondangdia), 3E (Puri Kembangan-Centraland), 7B (Kampung Rambutan-Blok M), 7D (TMII-Pancoran), 8D (Joglo-Blok M), 8E (Bintaro-Blok M, 9D (Pasar Minggu-Tanah Abang), beroperasi normal.

Untuk rute bus kecil atau Mini Trans maka pengoperasian JAK02 mengalami pengalihan jalur, JAK06 harus stop operasi karena di pertigaan Cedang ketinggian air mencapai 50-60 cm.

Kemudian JAK08 harus diperpendek rutenya dan JAK14 stop operasi berkait ada titik banjir di sekitar  Jalan Pengapuan.

Begitu juga JAK19 yang harus stop operasi karena pertigaan Cedang ketinggian air mencapai 50-60 cm. Jalan Rukun ketinggian air bahkan mencapai 70 cm.

Rute JAK20 juga terpaksa stop operasi akibat titik banjir di jalan skadron, sedangkan rute JAK21 harus stop operasi akibat titik banjir di Jalan Komodor.

Baca juga: TransJakarta hentikan sementara operasional koridor akibat banjir
Bus TransJakarta memasuki Halte Bundaran HI, Jakarta, Senin (12/10/2020). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.

Sejumlah rute lainnya yang belum disebutkan juga mengalami pengalihan rute atau stop operasi untuk sementara. "Kami mohon maaf untuk itu," kata Prasetia.

Namun semua layanan ini akan kembali beroperasi normal kembali, apabila jalur sudah memungkinkan untuk dilintasi armada.

Di luar itu, TransJakarta tetap mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah saja apabila tidak ada keperluan mendesak. Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Untuk selalu mendapatkan informasi terbaru tentang TransJakarta bisa mengakses media sosial TransJakarta di Twitter : @PT_Transjakarta dan Instagram : @pt_transjakarta. Serta gunakan selalu aplikasi TIJE untuk mendukung mobilitas.
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan dan Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BPJS Ketenagakerjaan Maluku serahkan beasiswa  kepada anak kepesertaan jaminan sosial

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar