Doni Monardo minta Pemda sosialisasikan PPKM mikro dengan baik

Doni Monardo minta Pemda sosialisasikan PPKM mikro dengan baik

Tangkapan layar - Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam konferensi pers, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). ANTARA/Tangkapan layar Youtube BNPBIndonesia/pri.

jadi tolong bisa diinfokan ke kami
Jakarta (ANTARA) - Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk mensosialisasikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dengan baik hingga ke tingkat RT/RW, sehingga penerapannya diharapkan bisa menekan laju penyebaran COVID-19.

"Kita harapkan kepemimpinan unsur pemerintah yang terdepan, yaitu para kepala desa dan juga para lurah, agar bisa menyampaikan pesan, menyampaikan tentang program PPKM skala mikro kepada ketua RT dan juga RW," kata Doni yang juga merupakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam konferensi pers, Jakarta, Sabtu.

Doni menyampaikan hal itu untuk menanggapi informasi yang menyebutkan masih banyak ketua RT di Jawa Tengah yang tidak mendapat sosialisasi tentang PPKM mikro sehingga mereka tidak paham apa yang harus mereka lakukan.

Baca juga: PPKM skala mikro diperpanjang hingga 8 Maret 2020

Ia mengatakan bahwa dalam sosialisasi PPKM mikro, pemerintah telah berusaha keras untuk bisa memberikan informasi secara masif tentang perlunya PPKM skala mikro kepada masyarakat.

Penerapan kebijakan tersebut, menurut dia, merupakan strategi yang sangat baik untuk bisa menekan laju peningkatan kasus COVID-19, terutama di skala mikro, mengingat penularan yang cukup tinggi dari kluster keluarga, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di daerah pedesaan.

Sesuai masukan dari sejumlah pakar epidemiologi untuk melibatkan masyarakat dalam penanggulangan kasus COVID-19, maka pemerintah mengalokasikan anggaran bagi desa dan kelurahan untuk dapat mensosialisasikan PPKM skala mikro kepada warganya masing-masing dan juga melakukan upaya pencegahan serta penanganan COVID-19 lainnya.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri tinjau Posko PPKM Maguwoharjo Sleman

Jika masyarakat menemukan masih ada ketua RT/RW yang belum mendapat sosialisasi tentang pelaksanaan PPKM mikro tersebut, maka ia berharap masyarakat bisa menginformasikannya kepada Satgas COVID-19 sehingga bisa ditindaklanjuti.

"Jadi tolong bisa diinfokan ke kami RT-nya, di desa apa atau di mana, kelurahan apa, sehingga nanti kami bisa mengingatkan Satgas mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan juga Satgas di tingkat kecamatan untuk bisa turun lebih optimal lagi ke tengah-tengah masyarakat, terutama ketua RT dan RW," demikian kata Doni.

Baca juga: Menteri Desa minta relawan COVID-19 berkolaborasi dengan Satgas
Baca juga: Kemendes PDTT telah gunakan Rp392,3 M Dana Desa untuk PPKM mikro

Pewarta: Katriana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Satgas COVID-19: Kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan di Bawah 50 persen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar