20 ribu dosis vaksin COVID-19 tahap dua tiba di Aceh

20 ribu dosis vaksin COVID-19 tahap dua tiba di Aceh

Kepala Biro Humas dan Protokol setda Aceh, Muhammad Iswanto

Aceh Besar (ANTARA) - Sebanyak 20.960 dosis vaksin Covid-19 tahap ke dua tiba di Aceh, pada Jumat, kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto.

“Vaksin sinovac yang tiba hari ini merupakan vaksin dosis ke dua yang bakal disuntikkan kepada tenaga kesehatan di seluruh Aceh yang jumlahnya mencapai 56.470 orang,” kata Iswanto di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan vaksin yang tiba di Banda Aceh tersebut rencananya, pada hari Senin dan Selasa, akan didistribusikan ke kabupaten/kota seluruh Aceh.

Komandan Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Aceh, Kompol Akmal bersama pihak Dinas Kesehatan Aceh menjemput langsung vaksin tersebut dari gudang kargo Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar.

Baca juga: Vaksinasi tenaga kesehatan di Nagan Raya capai 90,9 persen

Baca juga: Sebanyak 1.107 tenaga kesehatan di Aceh Barat sudah divaksin


Sebelumnya pemerintah Aceh melalui Dinas Kesehatan Aceh telah memulai program vaksinasi Covid-19 di Aceh, pada Jumat, 15 Januari 2021.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menjadi penerima vaksin pertama bersama pimpinan Forkopimda Aceh yang dipusatkan di RSUDZA.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif menyebutkan, pada 5 Januari, Aceh telah menerima 14 ribu dosis vaksin sinovac, Kemudian ditambah lagi 12.880 dosis pada 12 Januari.

Ada pun total vaksin yang diterima Aceh sebanyak 27.880 dosis. Vaksin tersebut didistribusikan untuk 21 kabupaten/kota lainnya yang dilakukan pada tanggal 1 Februari 2021.

Sementara untuk pencanangan dan pelaksanaan vaksinasi termin ke-2 di Aceh dilakukan pada 10 Februari 2021.

Hanif menyebutkan pemberian vaksin di Aceh akan dilakukan pada sekitar 3,7 juta penduduk untuk memperoleh kekebalan komunitas atau herd immunity.*

Baca juga: Aceh distribusi 48.325 dosis vaksin COVID-19 ke 21 kabupaten/kota

Baca juga: Dinkes: Banyak nakes di Aceh termakan hoaks vaksin COVID-19


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksin Sinovac 94 persen efektif cegah COVID-19 bergejala

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar