Legislator harapkan perbaikan dinding turap Kali Angke jadi prioritas

Legislator harapkan perbaikan dinding turap Kali Angke jadi prioritas

Banjir masih melanda permukiman warga di RT 1 RW 2, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat, Minggu (21/02/2021). ANTARA/Fauzi Lamboka/aa.

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Syarifudin 
mengharapkan perbaikan dinding turap (sheet pile) di Kali Angke menjadi prioritas untuk mengatasi banjir di sebagian Jakarta Barat.

"Kita berharap tahun ini segera diselesaikan, khususnya pembebasan lahan di sekitar Kali Angke," kata Syarifudin saat mengunjungi lokasi banjir di Kelurahan Kembangan Utara, Ahad.

Dia mengakui pembebasan lahan untuk perbaikan dinding turap tidak mudah karena banyak kepentingan masyarakat di sekitar Kali Angke.

"Tapi kalau sudah selesai, saya yakin banjir tidak akan terjadi lagi," ujar politisi Partai Gerindra itu.

Baca juga: Jalan utama Jakarta sudah bebas dari luapan Kali Krukut
Baca juga: Hari ini masih ada 17 RW di DKI Jakarta yang tergenang banjir
Anggota DPRD DKI Jakarta Syarifudin mengunjungi lokasi banjir di Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat, Minggu (21/2/2021). (ANTARA/Fauzi Lamboka)
Syarifudin yang juga warga Kembangan Utara mengunjungi warga di lokasi pengungsian bersama Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko.

Perbaikan dinding turap di Kali Angke menjadi salah satu persoalan utama dalam penanganan banjir di wilayah Jakarta Barat.

Pada awal Februari 2021, Camat Kebon Jeruk Saumun mengakui kendala yang dihadapi petugas dalam perbaikan tersebut di antaranya terdapat lubang kecil di dinding turap yang dibuat warga untuk mengalirkan air rumah tangga langsung ke kali.

Pihaknya telah bermusyawarah dengan warga melalui RT/RW. Hasilnya mereka setuju dan tidak ada penolakan untuk menutup lubang-lubang tersebut.
Baca juga: Lima korban banjir, Anies minta semua pihak awasi kegiatan anak-anak
Baca juga: Ribuan warga Kembangan Utara terdampak banjir

Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cerita dari Selatan - Sang penjaga sungai (bagian 3 dari 3)

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar