TNI optimalkan pengawasan pos di jalan trans Papua

TNI optimalkan pengawasan pos di jalan trans Papua

Letkol Inf Arif Budi Situmeang ketika menjabat Komandan Yonif Wimane Sili bersama anggota saat menggunakan mobil melintasi jalan trans Papua. (ANTARA/Marius Frisson Yewun)

Wamena (ANTARA) - Personel TNI Kodim 1702/Jayawijaya akan dioptimalkan untuk membantu kepolisian melakukan pengawasan di Jalan trans Papua Jayapura - Yalimo - Jayawijaya.

Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Senin, mengatakan anggota TNI yang ditempatkan pada pos-pos siap melakukan koordinasi dengan Polres Yalimo terkait pencegahan bersama aksi kejahatan di jalan trans.

"Karena pemeriksaan surat-surat dan razia kendaraan itu bukan kewenangan TNI maka akan dilakukan koordinasi dengan Polres Yalimo agar bersama melakukan pengawasan kepada kendaraan yang masuk dan keluar di jalan trans Papua," katanya.

Ia mengatakan ada sejumlah pos TNI di jalan trans Papua sehingga personel di sana bisa sangat membantu menekan aksi kejahatan, misalnya penyelundupan sepeda motor.

"Kita coba untuk melakukan pengawasan di jalan Trans Papua Wamena - Jayapura, mungkin melihat kendaraan yang masuk dari Jayapura terutama kendaraan roda dua sebab jangan sampai itu kendaraan curian yang di bawah dari Jayapura," katanya.

Mantan Komandan Yonif Wimane Sili ini mengatakan razia bersama perlu dilakukan sebab jalan itu menghubungkan Kabupaten Jayawijaya, Yalimo, Keerom dan Kota Jayapura dan potensi kejahatan bisa terjadi di sana.

"Kemungkinan-kemungkinan para pelaku pencurian kendaraan di Jayapura membawa kendaraan melalui jalan darat itu, sehingga perlu untuk melakukan pengawasan di sana secara bersama," katanya.

Sebelumnya Polres Jayawijaya menyebutkan bahwa sebanyak 7 sepeda motor yang dilaporkan hilang di Kota Jayapura, ditemukan di Kabupaten Jayawijaya dan telah dikembalikan kepada pemilik sah.

Polisi masih menyelindiki jalur penyelundupan sepeda motor curian tersebut, apakah melalui penerbangan atau jalur trans Papua. Namun dugaan kuat penyelundupan dilakukan melalui jalur darat jalan trans Papua.

Baca juga: TNI AL tangkap pencuri di Selat Singapura
Baca juga: Satgas TNI dampingi Ditjen Bina Marga tangani jalan tertimbun longsor

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar