"Area tersebut sempat terendam banjir pada Minggu 21 Februari 2021 dengan ketinggian air sampai dengan 150 centimeter
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Perjalanan kereta api jarak jauh dari Kota Malang, Jawa Timur menuju Jakarta harus dibatalkan akibat dampak cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan bahwa perjalanan kereta api yang dibatalkan adalah Kereta Api Jayabaya Malang-Pasar Senen, dan Kereta Api Gajayana Malang-Gambir.

"Banjir tidak hanya membuat jalur rel tergenang, namun banjir juga mengalir cukup deras, dan mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus," kata Luqman, dalam keterangan yang diterima di Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Luqman menjelaskan, akibat pondasi batu balas pada rel tersebut tergerus, perlu waktu untuk melakukan proses perbaikan prasarana jalur rel. Hingga saat ini, PT KAI Daop 1 Jakarta tengah melakukan upaya maksimal untuk memperbaiki prasarana terdampak tersebut.


Baca juga: KAI batalkan lagi perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta hari ini


Luqman menjelaskan, banjir tersebut dilaporkan memberikan dampak cukup besar khususnya pada petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang, Cikarang, Bekasi kilometer 55+100 sampai kilometer 53+600.

"Area tersebut sempat terendam banjir pada Minggu 21 Februari 2021 dengan ketinggian air sampai dengan 150 centimeter di atas kop rel," kata Luqman.

Luqman menambahkan, kondisi jalur rel yang terdampak banjir belum dapat dilalui untuk perjalanan kereta api. Sehingga pada Senin 22 Februari 2021 seluruh perjalanan kereta api jarak jauh tujuan Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dibatalkan.

"PT KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa kereta api, atas pembatalan tersebut dikarenakan dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA," kata Luqman.


Baca juga: Banjir, perjalanan kereta Yogyakarta - Jakarta dibatalkan hari ini


Secara total terdapat tujuh perjalanan kereta api yang dibatalkan dari area Daop 8 Surabaya. Rinciannya, tiga kereta api tujuan Stasiun Pasar Senen dan empat kereta api lainnya tujuan Stasiun Gambir, Jakarta.

Bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan 22 Februari 2021 tujuan Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket hingga 30 hari kedepan, dengan pengembalian 100 persen melalui loket pembatalan di masing-masing stasiun.


Baca juga: Perjalanan kereta dari Semarang ke Jakarta dibatalkan akibat banjir

Baca juga: KAI batalkan semua perjalanan kereta dari Gambir-Pasar Senen hari ini

Baca juga: Imbas banjir, perjalanan KA Argo Cheribon dibatalkan hari ini


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021