Meskipun (Bank Sentral China) telah berkomentar bahwa mereka tidak akan menaikkan suku bunga tahun ini, tetapi suku bunga repo tujuh hari dan suku bunga sertifikat deposito satu tahun
Jakarta (ANTARA) - Saham Hong Kong membalik kenaikan di awal perdagangan menjadi ditutup lebih rendah satu persen pada hari Senin, karena investor mulai mencemaskan harga saham yang sudah ketinggian sementara kekhawatiran atas risiko pengetatan kebijakan di China juga membebani.

Pada penutupan perdagangan Indeks Hang Seng turun 324,90 poin atau 1,06 persen menjadi 30.319,83, membalik kenaikan yang terjadi pada hari sebelumnya.

Indeks Hang Seng China Enterprises turun 1,76 persen menjadi 11.893,68.

Saham Tencent Holdings Ltd mengalami koreksi terbesar dalam indeks Hang Seng, jatuh 3,71 persen dan menarik sektor TI turun 4,42 persen. Indeks TI mencapai rekor tertinggi minggu lalu.

Baca juga: Saham Hong Kong dibuka untung, Indeks Hang Seng melambung 1,39 persen

Sektor keuangan berakhir 0,32 persen lebih tinggi, diangkat oleh HSBC Holdings, yang naik 2,09 persen karena bank bersiap untuk mengumumkan laporan keuangan tahunan dan "rencana transformasi" yang diperbarui.

Investor ekuitas global gelisah oleh kenaikan imbal hasil obligasi global, dengan patokan imbal hasil obligasi 10 tahun Jerman mencapai tertinggi delapan bulan pada hari Senin, dan imbal hasil Treasury AS menyentuh tertinggi satu tahun.

Sementara China membiarkan suku bunga pinjaman acuan untuk pinjaman perusahaan dan rumah tangga tidak berubah selama 10 bulan berturut-turut pada hari Sabtu, yang mendorong spekulasi bahwa akan terjadi pergeseran ke kebijakan yang lebih ketat.

“Meskipun (Bank Sentral China) telah berkomentar bahwa mereka tidak akan menaikkan suku bunga tahun ini, tetapi suku bunga repo tujuh hari dan suku bunga sertifikat deposito satu tahun, hampir tidak berubah, jelas bahwa pihak berwenang tidak bermurah hati lagi dengan likuiditas," analis di Jefferies mengatakan dalam sebuah catatan.

Indeks utama bursa China, Indeks Komposit Shanghai ditutup turun 1,45 persen pada 3.642,44 poin, sedangkan indeks blue-chip CSI300 berakhir 3,14 persen lebih rendah.

Di kawasan Asia, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang menguat 0,19 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang ditutup naik 0,46 persen.

Yuan dikutip pada 6,4685 per dolar AS pada 0822 GMT, 0,13 persen lebih lemah dari penutupan sebelumnya pada 6,4598.

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021