Polres Tapin tangkap pelaku penyebar konten asusila

Polres Tapin tangkap pelaku penyebar konten asusila

Tersangka pengunggah konten asusila di media sosial ditangkap Polres Tapin. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Polres Tapin jajaran Polda Kalimantan Selatan menangkap seorang pelaku penyebar konten asusila di media sosial yang mengunggah gambar anak-anak bermuatan tidak sesuai norma kesusilaan.

"Tersangka berinisial MT (32) diringkus pada Minggu (21/2) di rumahnya di Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin," terang Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i di Banjarmasin, Senin.

Kasus itu bermula ketika pelaku mengunggah gambar anak perempuan dengan kalimat "Hobi aku suka anak SD" di akun Twitter dan Facebook.

Baca juga: Polda DIY bekuk pelaku penyebaran konten asusila di media sosial
Baca juga: Sudjiwo Tejo cegah pengaruh konten asusila dengan ajarkan bertuhan


Unggahan tersebut sontak viral di dunia maya dan Unit Siber Polres Tapin bergerak cepat melakukan penelusuran pemilik akun.

Saat diamankan, pelaku mengakui perbuatannya yang mengunggah foto-foto yang berbau konten asusila tersebut.

Kini polisi masih mendalami apakah foto-foto yang diunggah tersebut benar-benar telah menjadi korban pelaku di dunia nyata.

"Pengakuan sementara pelaku ke penyidik motifnya hanya meningkatkan followers atau pengikut di media sosialnya. Namun tentunya masih terus didalami," jelas Rifa'i.

Untuk tersangka kini ditahan di Polres Tapin dan dijerat Pasal 45 ayat 1 Jo. Pasal 27 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.


 

Pewarta: Firman
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar