...etalasenya Jawa Barat bisa ditampilkan di sini...
Bandung (ANTARA) - Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mendukung optimalisasi Gedung Pusat Kreatif di lingkungan Gedung Negara, Kabupaten Cirebon, sebagai upaya meningkatkan daya saing produk lokal dan stimulasi untuk memancing daya kreasi generasi muda di sana berinovasi.

"Tidak menutup kemungkinan kreativitas dapat tumbuh subur baik dari masyarakat Cirebon maupun luar sekitar wilayah Cirebon. Gedung ini sebagai etalase masing-masing wilayah untuk menjual produk-produknya. Tentunya hal ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," kata anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, H Anwar Yasin, di Bandung Selasa.

Rombongan Komisi II DPRD Jawa Barat, kata dia, telah melakukan kunjungan kerja ke Gedung Pusat Kreatif, Kabupaten Cirebon, dan yang dibutuhkan kedepannya terkait gedung itu tentang regulasi pemerintah pusat untuk mengakomodasi kreativitas yang akan dikelola di gedung ini.

Baca juga: Jumlah UMKM Cirebon melonjak saat pendataan Banpres, ini sebabnya

Ia menyontohkan wilayah Cirebon terkenal dengan makanan khas dan produk kerajinan rotannya sehingga bisa dimaksimalkan dengan sentuhan kreativitas agar rotan dan batik khas Cirebon dapat kembali mendunia.

"Jadi etalasenya Jawa Barat bisa ditampilkan di sini, geliat kerajinan rotan bisa dibangkitkan kembali," katanya.

Bahkan, kata dia, jika sudah berjalan dapat ditampilkan berbagai macam kesenian khas Jawa Barat atau kesenian khas Cirebon sebagai pemikat dalam berkesenian setempat.

Baca juga: BI Cirebon gelar CEF untuk bangkitkan UMKM di masa pandemi

Sehingga ekonomi masyarakat dapat tumbuh dengan sendirinya dengan mengedepankan kreativitas dan tentunya dengan pengelolaan yang baik.

"Salah satunya sudah ada komunitas yang bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat untuk mengakomodasi kegiatan usaha dan kesenian untuk diberdayakan di sini, tentunya ini hal yang positif," katanya.

Baca juga: BRI Cirebon salurkan KUR supermikro sebesar Rp44 miliar

Ia menuturkan Gedung Pusat Kreatif ini tidak hanya sebatas pajangan saja tetapi di sini juga ada ruangan yang lengkap seperti kantor dan sarana pendukung lain agar gedung ini menjadi gedung kreatif terbaik di Jawa Barat maupun Indonesia.

"Kami ingin melakukan lompatan dan tidak mau jalan di tempat, untuk itu Indag terus berinovasi agar pelaku UKM kita terus berkembang dan maju, agar tidak mati seperti pelaku-pelaku usaha yang sekarang besar tetapi banyak yang berjatuhan saat ini," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021