Pasar saham Australia ditutup lebih tinggi

Pasar saham Australia ditutup lebih tinggi

Ilustrasi - Sejumlah pegawai sedang memperhatikan monitor bursa saham Australia (ASX). ANTARA/REUTERS/David Gray/am.

Saham Australia sebagian besar tidak berubah pada Selasa, dengan ASX 200 tetap mendekati level terendah dua minggu karena imbal hasil obligasi naik.
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia ditutup lebih tinggi pada Selasa, berlawanan dengan tren negatif di bursa luar negeri malam sebelumnya, dengan penguatan sektor sumber daya sekali lagi menyelamatkan hari perdagangan dari koreksi.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 58,30 poin atau 0,86 persen menjadi 6.839,20, sedangkan indeks All Ordinaries naik 49,20 poin atau 0,70 persen menjadi 7.110,80.

"Saham Australia sebagian besar tidak berubah pada Selasa, dengan ASX 200 tetap mendekati level terendah dua minggu karena imbal hasil obligasi naik," kata analis pasar Commsec Steven Daghlian.

"Pasar Australia tetap berada di jalur penguatan untuk bulan kelima berturut-turut selama indeks dapat menghindari penurunan yang signifikan minggu ini."

Baca juga: Bursa Australia datar, penurunan saham teknologi imbangi komoditas

Meskipun pasar secara keseluruhan naik, sebenarnya ada enam sektor yang melemah pada Selasa, sementara lima lainnya lebih tinggi.

Energi dan real estat adalah sektor dengan kinerja terbaik hari ini, masing-masing melonjak pada 4,85 persen dan 2,89 persen, diikuti oleh material, industri dan keuangan.

Penurunan lebih dari 4 persen dalam teknologi informasi membebani pasar, diikuti oleh kerugian besar lainnya dari barang konsumen non-primer dan layanan komunikasi.

Baca juga: IHSG diprediksi turun dibayangi pelemahan bursa global

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 1,70 persen, ANZ naik 1,17 persen, National Australia Bank naik 1,14 persen dan Westpac Bank naik 1,86 persen.

Saham pertambangan menguat dengan Rio Tinto naik 1,77 persen, BHP naik 3,13 persen dan Fortescue Metals naik 0,40 persen, penambang emas Newcrest naik 4,39 persen.

Produsen minyak dan gas negara itu melonjak dengan Oil Search naik 6,42 persen, Santos naik 5,93 persen dan Woodside Petroleum naik 5,74 persen.

Supermarket terbesar Australia tenggelam dengan Coles turun 1,18 persen, dan Woolworths turun 0,08 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,92 persen, maskapai nasional Qantas melonjak 4,36 persen dan perusahaan biomedis CSL meningkat 0,06 persen.

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar