Cuaca esktrem, BPBD Papua ingatkan warga waspada banjir dan longsor

Cuaca esktrem, BPBD Papua ingatkan warga waspada banjir dan longsor

Kepala BPBD Provinsi Papua Welliam R. Manderi. ANTARA/Hendrina Dian Kandipi/am.

Mengingat cuaca ekstrem yang terus terjadi belakangan ini sehingga pemerintah berkewajiban menyampaikan imbauan agar selalu waspada terhadap wilayah rawan bencana.
Jayapura (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua terus mengingatkan warga di wilayah itu agar terus waspada terhadap bencana banjir dan longsor mengingat cuaca ekstrem belakangan ini.

Kepala BPBD Provinsi Papua Welliam R. Manderi di Jayapura, Selasa, mengatakan mengingat cuaca ekstrem yang terus terjadi belakangan ini sehingga pemerintah berkewajiban menyampaikan imbauan agar selalu waspada terhadap wilayah rawan bencana.

"Apalagi curah hujan tinggi yang terjadi hingga Maret, ini juga berpotensi terjadi bencana longsor dan banjir," katanya.

Menurut dia semua daerah memiliki potensi bencana yang sama sehingga kewaspadaan dan kesiapsiagaan juga harus ditingkatkan.

"Masyarakat juga harus aktif melaporkan kondisi wilayahnya kepada petugas terkait sehingga jika terjadi pertanda bencana dan lain sebagainya dapat segera diantisipasi," katanya.

Dia menjelaskan kampung-kampung tangguh yang pernah dibentuk pemerintah diharapkan dapat dimaksimalkan keberadaannya dalam kondisi seperti ini.

Masyarakat juga harus memperhatikan kondisi lingkungannya masing-masing, Jika parit atau saluran drainase kotor dan tersumbat harus dibersihkan sehingga ketika hujan deras tidak menyebabkan banjir.

"Jadi semua faktor harus diperhatikan sehingga sebelum bencana terjadi dapat diantisipasi dengan langkah-langkah persuasif," demikian Welliam R. Manderi.

Baca juga: Longsor di Tembagapura-Papua tidak sebabkan korban jiwa

Baca juga: Pemkot Jayapura kerahkan bantuan untuk korban banjir


Baca juga: Banjir hanyutkan beberapa orang di Goyage, Tolikara

Baca juga: BPBD Wondama himpun donasi Rp26 juta untuk korban banjir Sentani

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dugaan penyelewengan dana Otsus, Pemprov Papua persilakan audit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar